Judul : Rapid Assesment Penanganan DAS Ciliwung
Peneliti : Badrun Susantyo ,Ph .D, Drs. Muchtar, M.Si
Lokasi Penelitian : DKI Jakarta
Tahun Penelitian : 2012
Bidang : Program Pemberdayaan Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan
Rapid assessment DAS Ciliwung (Kelurahan Manggarai dan Kelurahan Kampung Melayu) ini bertujuan memperoleh informasi tentang warga yang tinggal di DAS Ciliwung, mengidentifikasi: kondisi sosial ekonomi, permasalahan dan kebutuhan, pilihan relokasi dan dukungan bagi mereka terkait pilihan relokasi.Pendekatan rapid assessment ini kualitatif-kuantitatif dimana kuantitatif sebagai fasilisator kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara: wawancara, observasi dan studi dokumentasi.
Hasil rapid assessment menunjukkan bahwa warga yang tinggal di DAS Ciliwung tersebut beragam dari sisi etnis, namun mayoritas suku Jawa dan Sunda. Mata pencarian mereka adalah di sektor informal seperti: usaha dalam skala kecil-kecilan baik di pasar, keliling/pedagang kaki lima, buruh harian seadanya termasuk kuli di pasar, tukang urut/pijit, ojek, sopir (angkot), bahkan pemulung, dan masih banyak yang lainnya. Permasalahan lingkungan selama ini adalah banjir sebagai akibat dan sekaligus sebab permasalahan turunannya. Permasalahan sosial yang menonjol adalah kepadatan penduduk dan kekumuhan (kemiskinan). Potensi yang menonjol dari sisi (aset) spiritual-sosial adalah pengajian melalui majlis ta’lim dan arisan khususnya di kalangan kaum ibu. Kebutuhan mereka adalah adalah bebas banjir dari sisi permasalahan lingkungan dan terentasnya dari himpitan kemiskinan dari sisi permasalahan sosial. Terdapat pemahaman bahwa mereka tinggal pada tempat/area yang bukan hak milik mereka dan bukan untuk peruntukan pemukiman. Kondisi ini (cukup) kondusif sebagai titik tolak dilakukanya penataan lingkungan DAS Ciliwung (Kelurahan Manggarai dan Kelurahan Kampung Melayu).
Disarankan, dari sisi kebijakan, pemerintah pusat dan pemerintah daerah dan/atau secara bersinergi membuat regulasi yang partisipatif. Kebijakan terbaru pemerintah DKI Jakarta (sekarang) adalah akan membangun “Rumah/Kampung Susun Berderet”, dan sejenisnya; Dari sisi data dan informasi, hasil rapid assessment ini dapat diperluas mengingat keterbatasan seperti dikemukakan dan baru dilaksanakan pada dua kelurahan dari enam kelurahan daerah alir Sungai Ciliwung di DKI Jakarta.
Kata Kunci: Rapid Assessment; DAS Ciliwung.

Download (3229 Kali)




#Lokasi Penelitian
DKI Jakarta