Judul : Pendampingan Sosial Bagi Calon Pekerja Migran dan Keluarganya di Daerah Asal
Peneliti : Drs. Nurdin Widodo,M.Si, Muhammad BELANAWANE S, Habibullah, S.Sos,M.Kesos, Ir. Ruaida Murni
Lokasi Penelitian : Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur
Tahun Penelitian : 2008
Bidang : Program Perlindungan dan Jaminan Sosial
Buku ini merupakan hasil penelitian tentang pendampingan sosial bagi calon TKI dan keluarganya di daerah asal. Penelitian ini dirancang sebagai penelitian multiyears (3 tahun). Tahun 2008 ini fokus pada studi kasus masalah dan kebutuhan pendampingan sosial bagi calon TKI di tiga lokasi, yakni Cilacap, Indramayu, dan Tulungagung.
Metode penelitian ini adalah deskriptif analisis, dengan maksud memaparkan secara obyektif kondisi masalah dan kebutuhan pendampingan sosial bagi calon TKI di daerah asal. Responden penelitian ini meliputi calon TKI dan keluarganya; mantan TKI dan keluarganya; dan tokoh masyarakat setempat. Guna melengkapi data yang dibutuhkan penelitian ini, maka ditetapkan pula sebagai informan para petugas instansi terkait. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, studi dokumentasi, diskusi kelompok, dan observasi.
Hasil kajian ini memberikan rekomendasi perlunya pendampingan sosial bagi calon TKI di daerah asal. Ada tiga pilihan model yang diajukan, yakni dalam bentuk: 1) Pola terpadu; 2) Tim kerja; dan 3) Tim bersifat lokal. Konsep dasar yang dianggap tepat untuk pendampingan sosial adalah manajemen kasus (C ase Management). Pada mana tim pekerja sosial melakukan berbagai peran, dengan mengaplikasikan berbagai teknik, untuk membantu calon TKI dan keluarganya secara holistik sesuai kebutuhan spesifiknya. Pendekatan manajemen kasus, menunjuk pada upaya tim pekerja sosial membantu calon TKI dan keluarganya, dengan cara mengorganisasikan dan mengkoordinasikan serta memelihara jaringan pelayanan dari aneka sumber. Strategi pelayanan demikian, dipandang sesuai untuk membantu TKI, karena seorang TKI memerlukan pelayanan dari banyak sumber. Melalui kegiatan pendampingan sosial ini diharapkan akan meminimalisir permasalahan yang mungkin menimpa TKI, mulai dari rekruitmen, penempatan, sampai dengan purna penempatan (kembali ke daerah asal).

Download (3199 Kali)




#Lokasi Penelitian
Jawa Barat,Jawa Tengah,Jawa Timur