Judul : Uji Coba Model Pemberdayaan Sosial Keluarga Paska Bencana Alam
Peneliti : Dra. Haryati Roebyantho, Drs. Gunawan, Ir. Ruaida Murni, Sugiyanto, S.Pd, M.Si
Lokasi Penelitian : Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur
Tahun Penelitian : 2008
Bidang : Program Perlindungan dan Jaminan Sosial

Berbagai daerah di Indonesia adalah daerah yang dikategorikan rawan bencana alam. Fenomena alam berupa gempa, gunung meletus, angin topan, gelombang pasang dan kerusakan lingkungan tersebut baik secara parsial maupun gabungan yang beresiko besar pada manusia (bencana). Penelitian ujicoba model Pemberdayaan Sosial.
Keluarga Pasca Bencana Alam merupakan penelitian kasus di dua lokasi penelitian yakni Belu NTT dan Bondowoso Jatim yang bertujuan untuk mengetahui efektifitas model dan faktor yang berpengaruh dalam pengimplementasiannya. Penelitian ini menggunakan pola kelompok tunggal (one group pretest – postest). Informasi yang terhimpun diukur dengan teknik skoring skala Likert. Hasil dianalisis deskriptif dari penelitian ini dapat dikemukakan bahwa substansi perlakuan memberikan kontribusi terhadap perubahan perilaku kelompok eksperimen yang diukur dari peningkatan kemampuan dalam penguasaan aset dan akses informasi, produktifitas dalam penanggulangan bencana alam, dan peningkatan posisi tawar menawar dalam penanggulangan bencana alam. Secara numerik, hasil skoring dari peningkatan perubahan perilaku masih relatif kecil. Faktor yang berpengaruh terhadap perubahan: komitmen pemerintah daerah cukup baik, eksistensi pendamping lapangan, stimulan untuk kelompok kerja, keterbatasan waktu penelitian, tokoh masyarakat turut memotivasi kelompok eksperimen. Model yang diujicobakan memperoleh respon yang positif dari masyarakat, tokoh masyarakat, dan instansi sektor. Model yang di ujicobakan masih berskala kecil yaitu di dua wilayah.
Optimalisasi hasil dari model peningkatan kesiapsiagaan masyarakat dalam penanganan Bencana alam perlu di ujicobakan di daerah lain sebagai uji pemantapan model. Dalam kerangka perluasan cakupan pelayanan akan mempunyai makna yang besar jika uji pemantapan model ini didukungan dengan program dari Unit Teknis Direktorat Penanganan Bencana Alam, dan Unit lain yang mempunyai komitmen dalam pengembangan masyarakat (khususnya keluarga) di lingkungan Departemen Sosial RI.



Download (1666 Kali)




#Lokasi Penelitian
Jawa Timur,Nusa Tenggara Timur