Judul : Studi Kebijakan Pengembangan Kegiatan Satuan Bakti Pekerja Sosial
Peneliti : Drs. Anwar Sitepu , MPM, Drs. Nurdin Widodo,M.Si, Drs. Togiaratua Nainggolan, M.Si, Ir. Ruaida Murni
Lokasi Penelitian : DKI Jakarta, Jawa Barat, Sulawesi Selatan
Tahun Penelitian : 2010
Bidang : Program Rehabilitasi Sosial

Penelitian Studi Kebijakan Pengembangan Kegiatan Sakti Peksos di Panti Sosial Masyarakat bertujuan untuk memperoleh data dan informasi tentang proses perumusan kebijakan Satuan Bakti Pekerja Sosial, implementasi kegiatan Sakti Peksos di Panti Sosial, kinerja Sakti Peksos dan pencapaian tujuan kebijakan Sakti Peksos. Lokasi penelitian di lokasi yang pal ing banyak penyebaran Sakti Peksos, yakni Jawa Barat, Jakarta dan Sulawesi Selatan.

Pengumpulan data melalui wawancara FGD dengan Biro Organisasi dan Kepegawaian, Direktorat Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial. Sakti Peksos, dan pengelola/kepala panti. Teknik analisis data diskriptif kualitatif dengan pendekatan restropektif.


Hasil penelitian menunjukkan (1) Proses perumusan kebijakan Satuan Bakti Pekerja Sosial tidak dilakukan secara sistematis dan belum mengacu pada salah satu model perumusan kebijakan yang dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah dengan berbasiskan data yang akurat; (2) Secara umum implementasi dilakukan sesuai tahap-tahap sebagaimana panduan; (3)Kinerja Sakti Peksos belum menunjukkan profesionalisme sebagai pekerja sosial; (4) Pencapaian tujuan kebijakan Sakti peksos masih pada tataran aspek kognifif. Sejalan dengan hal tersebut tim peneliti merekomendasikan (1) Merumuskan kembali desain pengembangan Sakti Peksos; (2) Penempatan Sakti Peksos di Panti Sosial hendaknya dikaitkan dengan persiapan akreditasi dan sertifikasi; (3) pengembangan kebijakan sakti peksos harus terkoordinasi dalam sistem mekanisme kerja yang menggambarkan siapa melakukan apa,dan bagaimana melaksanakannya.




Download (3881 Kali)




#Lokasi Penelitian
DKI Jakarta,Jawa Barat,Sulawesi Selatan