Judul : PEMETAAN PENDAMPING DAN RELAWAN SOSIAL
Peneliti : Bilal As'adhanayadi, S.Sos, Drs. B. Mujiyadi, MSW,, Drs. Suradi, M.Si, Habibullah, S.Sos,M.Kesos, Nyi. R. Irmayani, SH, M.Si
Lokasi Penelitian : DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur
Tahun Penelitian : 2020
Bidang : Program Perlindungan dan Jaminan Sosial

Pendamping dan relawan sosial memiliki peranan sangat strategis dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial. Pendamping dan relawan sosial tersebut mampu menjangkau Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) secara langsung di lapangan / di masyarakat. Hampir semua unit teknis di Kementerian Sosial RI membina pendamping dan relawan sosial, tetapi masih menggunakan nomenkaltur, standar pembinaan dan remunerasi yang berbeda-beda.

Temuan menarik dari penelitian ini, berhasil memetakan sebaran pendamping dan relawan sosial yang ternyata 48 persen berada di wilayah Pulau Jawa. Jumlah pendamping sosial sebanyak 155.083 orang sedangkan relawan sosial sebanyak 38.486 orang sehingga total pendamping dan relawan sosial sebanyak 155. 083 orang jika dibandingkan dengan pegawai ASN Kementerian Sosial yang hanya berjumlah 3.806 orang. Pendamping dan relawan sosial tersebut sebagai potensi dan  sumber daya manusia yang menempati ujung tombak atau garis  depan (fronline) dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial. Oleh karena itu, keberadaan pendamping dan relawan sosial tersebut menghendaki pengelolaan secara baik.

Berdasarkan hasil pemetaan, sebagai upaya pengelolaan pendamping dan relawan sosial agar berkontribusi dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial secara optimal, maka diperlukan satuan kerja yang khusus membina SDM Kesos  non-ASN, penyederhanaan dasar hukum, penyederhanaan  nomenklatur pendamping sosial, membangun sistem informasi terpadu pendamping dan relawan sosial, dan pemberian remunerasi yang layak sesuai dengan kebutuhan dasar, serta pengusulan sebagai Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K).

Semoga hasil penelitian ini bermanfaat dan berkontribusi nyata terhadap mewujudkan sumber daya manusia Indonesia yang unggul. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak terlibat dalam penelitian ini, khususnya bagi Tim Peneliti yang sudah menyelesaikan penelitian ini. Meskipun pada masa pandemic Covid-19 namun tim peneliti mampu menyelesaikan tugasnya.



Download (200 Kali)




#Lokasi Penelitian
DKI Jakarta,Jawa Barat,Jawa Tengah,Jawa Timur