Judul : KETEPATAN SASARAN DAN NILAI KEMANFAATAN BANTUAN SOSIAL SEMBAKO DI JABODETABEK
Peneliti : Delfirman, S.Sos, Dr. Hari Harjanto Setiawan, AKS, M.Si, Drs, Bambang Pudjianto, M.Si, Muhammad BELANAWANE S, Muslim Sabarisman, AKS
Lokasi Penelitian : DKI Jakarta, Jawa Barat
Tahun Penelitian : 2020
Bidang : Program Pemberdayaan Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan

KETEPATAN SASARAN DAN NILAI KEMANFAATAN BANTUAN SOSIAL SEMBAKO DI JABODETABEK

Penelitian ini meggambarkan Ketepatan Sasaran dan nilai kemanfaatan Bantuan Sosial Sembako pada saat diberlakukan pembatasan sosial Berskala Besar (PSBB) dalam menghadapi  wabah Virus Corona (Covid-19) di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

Tujuan penelitian adalah menjawab dua permasalahan utama yaitu implementasi ketepatan sasaran dalam pemberian bantuan dan nilai kemanfaatan Bantuan Sosial Sembako di Jabodetabek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bantuan diberikan kepada keluarga terdampak Covid-19 saat diberlakukan PSBB dengan kondisi yang susah untuk  bekerja dan pendapatan keluarga yang menurun.

Bantuan  yang diberikan pemerintah dapat membantu meringankan kondisi tersebut yang mayoritas atau 48,32 persen keluarga penerima manfaat merasa terbantu antara 26 persen sampai dengan 50 persen dari kebutuhan keluarga. Diharapkan penelitian ini dapat memberikan manfaat bagi pengambil  kebijakan untuk memperbaiki program pemberian bantuan  tahap selanjutnya, mengingat penelitian ini dilakukan saat digulirkan bantuan tahap kedua.



Download (705 Kali)




#Lokasi Penelitian
DKI Jakarta,Jawa Barat