Judul : KEWIRAUSAHAAN SOSIAL Penerima Program Keluarga Harapan (PKH) Graduasi
Peneliti : Badrun Susantyo ,Ph .D, Delfirman, S.Sos, Dr. Hari Harjanto Setiawan, AKS, M.Si, Drs. Agus B Purwanto , Mu,Man Nuryana, M.Sc, Ph.D, Muhammad BELANAWANE S
Lokasi Penelitian : Jawa Barat, Jawa Tengah
Tahun Penelitian : 2020
Bidang : Program Pemberdayaan Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan

Pusat Penelitian dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial berupaya tampil dalam melaksanakan peran strategisnya guna mendukung Kementerian Sosial Republik Indonesia sebagai pilar utama pembangunan kesejahteraan sosial untuk mengembangkan kebijakan dan program pada Unit Teknis terkait dan untuk meningkatkan kesejahteraan penduduk miskin, dengan memberdayakan dan mengoptimalkan partisipasi masyarakat, serta menjamin tercapainya penggunaan sumber daya secara efisien, efektif, berkeadilan dan berkelanjutan. Upaya untuk mengikutsertakan peran masyarakat dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial diselenggarakan melalui kewirausahaan Sosial. 

Penelitian ini merupakan salah satu upaya dalam mewujudkan kebijakan yang berbasis penelitian. Sebagai leading sector, Kementerian Sosial RI berkewajiban mengembangkan Kewirausahaan untuk mengentaskan permasalahan kemiskinan bagi penerima Program Keluarga Harapan (PKH) graduasi. Program ini masih relatif baru di Kementerian Sosial, sehingga penelitian ini akan dilanjutkan untuk mendapatkan model atau pola yang dapat dipilih sebagai kebijakan yang tepat oleh Direktorat Jenderal Pemberdayaan Sosial dalam pengembangan Kewirausahaan Sosial di Indonesia.

Pembelajaran dari hasil penelitian ini akan mengoptimalkan keterjangkauan penerima manfaat terhadap berbagai program-program Perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan yang diselenggarakan oleh pemerintah (Pusat, Provinsi, dan Kabupaten/Kota) melalui kewirausahaan sosial. Diharapkan hasil penelitian ini memberikan manfaat sebagai bahan informasi bagi penentu program penanggulangan kemiskinan melalui pemenuhan hak kewarganegaraan. Lebih jauh lagi penelitian ini dapat memberikan masukan pada pemerintah pentingnya Kewirausahaan sosial bagi penerima program keluarga harapan (PKH) Graduasi.

 



Download (14 Kali)




#Lokasi Penelitian
Jawa Barat,Jawa Tengah