Judul : PEMETAAN SOSIAL MENUJU DESA BERKETAHANAN SOSIAL MELALUI PENYULUH SOSIAL MASYARAKAT SEBAGAI AGEN PERUBAHAN
Peneliti : Ayu Diah Amalia, S Sos,M.Kesos, Bilal As'adhanayadi, S.Sos, Drs. Achmadi Jayaputra M.SI, Drs. B. Mujiyadi, MSW,, Drs. Suradi, M.Si, Drs. Togiaratua Nainggolan, M.Si, Habibullah, S.Sos,M.Kesos, Nyi. R. Irmayani, SH, M.Si, R.G. Erwinsyah
Lokasi Penelitian : Bali, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Sumatera Barat
Tahun Penelitian : 2019
Bidang : Program Perlindungan dan Jaminan Sosial

Penyuluh sosial masyarakat memegang peran penting dalam  masyarakat demi terwujudnya desa berketahanan sosial sebagai jembatan komunikasi dan informasi dari pemerintah kepada  masyarakat. Di samping itu, penyuluh sosial masyarakat juga berfungsi sebagai agen pemberi motivasi dan edukasi dalam membantu masyarakat berpartisipasi di desa. Dengan kata lain, penyuluh sosial masyarakat juga menjadi agen perubahan di desanya.

Untuk mendukung kebijakan tersebut, diperlukan data dan informasi tentang masalah, potensi dan sumber daya di 7 provinsi yang akan menjadi bahan penyusunan kebijakan teknis Pusat Penyuluhan Sosial, dan rencana aksi bagi penyuluh sosial masyarakat menuju Desa Berketahanan Sosial. Sehubungan dengan itu, Pusat Penelitian dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial bersama dengan Pusat Penyuluhan Sosial melaksanakan pemetaan sosial yang memfokuskan pada masalah, potensi dan sumber daya sosial serta kesiapan calon penyuluh sosial masyarakat.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketujuh kabupaten lokasi penelitian memiliki keunikannya masing-masing. Meski memiliki permasalahan yang hampir sama, tetapi tentu memiliki tingkatan darurat yang berbeda-beda, sehingga membutuhkan penanganan atau pendekatan yang berbeda. Namun yang terpenting para penyuluh sosial masyarakat telah mampu menunjukkan kapasitasnya dalam memahami kondisi di desa mereka masing-masing. Kesadaran mereka akan kondisi desa ini mampu menjadi dasar untuk menerima pelatihan kapasitas sebagai penyuluh sosial masyarakat. Mereka perlu dikembangkan, dibina, dan diperkuat kemampuannya agar dapat berperan besar bagi perubahan sosial yang lebih baik di desa mereka masing-masing.



Download (77 Kali)




#Lokasi Penelitian
Bali,Jawa Barat,Jawa Tengah,Jawa Timur,Kalimantan Selatan,Sulawesi Selatan,Sumatera Barat