Judul : KINERJA PENDAMPING PROGRAM KELUARGA HARAPAN PASCA DIKLAT PERTEMUAN PENINGKATAN KEMAMPUAN KELUARGA
Peneliti : Badrun Susantyo ,Ph .D, Bilal As'adhanayadi, S.Sos, Drs. B. Mujiyadi, MSW,, Drs. Suradi, M.Si, Drs. Togiaratua Nainggolan, M.Si, Habibullah, S.Sos,M.Kesos, Nyi. R. Irmayani, SH, M.Si, R.G. Erwinsyah, Sugiyanto, S.Pd, M.Si
Lokasi Penelitian : D.I Yogyakarta, Jawa Barat, Kalimantan Selatan, Papua, Sulawesi Selatan, Sumatera Barat
Tahun Penelitian : 2019
Bidang : Program Perlindungan dan Jaminan Sosial

Pendamping PKH sebagai mitra kerja pemerintah,  merupakan komponen kunci dalam kegiatan P2K2 (Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga), karena  tidak hanya berperan sebagai pendamping yang memonitor kepatuhan KPM tetapi juga berperan sebagai fasilitator. Maka perlu mempersiapkan pendamping PKH sebagai tenaga fasilitator yang memiliki kemampuan professional dan berkualitas, memiliki pengetahuan, kemampuan, keterampilan dan komitmen yang tinggi demi mensukseskan program ini. Kinerja yang optimal dari fasilitator sangat diperlukan dalam P2K2 agar tujuan dari program ini sesuai yang diharapkan.

Penelitian ini dilakukan untuk melihat gambaran kinerja pendamping PKH pada level outcome terhadap kegiatan P2K2 yang berlangsung selama ini. Gambaran dimulai dari proses pendidikan dan pelatihan bagi pendamping, proses P2K2 yang dilakukan terhadap KPM PKH sampai dengan perubahan perilaku yang terjadi pada KPM dampingan, relevansi antara proses diklat dengan tugas Pendamping PKH, dan prioritas pengembangan apa yang perlu dilakukan. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kombinasi (mixed methods) yaitu kualitatif dan kuantitatif. Pelaksanaan pengumpulan data dilakukan di 6 wilayah regional Balai Diklat Kementerian Sosial yaitu Padang, Bandung, Yogyakarta, Banjarmasin, Makassar dan Jayapura.



Download (81 Kali)




#Lokasi Penelitian
D.I Yogyakarta,Jawa Barat,Kalimantan Selatan,Papua,Sulawesi Selatan,Sumatera Barat