Judul : KUALITAS PELAYANAN SISTEM LAYANAN DAN RUJUKAN TERPADU (SLRT) DI INDONESIA
Peneliti : Aulia Rahman, S.IP, M.Si, Dr. Hari Harjanto Setiawan, AKS, M.Si, Dra. Alit Kurniasari, MPM, Dra. Husmiati, M.Soc.Sc, Ph.D, Dra. Mulia Astuti, M.Si, Drs. Ahmad Suhendi, M.Si, Drs. Nurdin Widodo,M.Si, Drs. Setyo Sumarno, M.Si, Ir. Ruaida Murni
Lokasi Penelitian : D.I Yogyakarta, Gorontalo, Jambi, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Timur, Nusa Tenggara Barat, Sumatera Barat
Tahun Penelitian : 2019
Bidang : Program Rehabilitasi Sosial

Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT) menurut Peraturan Menteri Sosial Nomor 15 tahun 2018 adalah sistem layanan yang mengidenti?kasi kebutuhan dan keluhan fakir miskin dan orang tidak mampu serta melakukan rujukan kepada pengelola program penanganan fakir miskin dan orang tidak mampu di pusat dan daerah.

Pembelajaran dari hasil monev tersebut, merujuk pada pentingnya mengoptimalkan keterjangkauan penerima manfaat terhadap berbagai program-program Perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan yang diselenggarakan oleh pemerintah (Pusat, Provinsi, dan Kabupaten/Kota) melalui SLRT dan Puskesos. Selain itu, penting untuk meningkatkan keterpaduan dari masingmasing penyelenggara program, sehingga dapat meminimalkan ego sektoral lembaga/instansi dalam penyelenggaran program penanganan masalah sosial dan atau penanggulangan kemiskinan. Dalam upaya mengoptimalkan penyelenggaran SLRT, maka menjadi penting untuk memperhatikan faktor pengembangan kapasitas, system informasi, kompetensi pelaksana, koordinasi, implementasi kebijakan, dan partisipasi masyarakat, agar kualitas pelayanan SLRT terhadap warga miskin dan rentan, semakin meningkat.

Sehubungan dengan itu, maka Pusat Penelitian dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial melakukan penelitian tentang: “Kualitas Layanan Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT) di Indonesia”. Diharapkan hasil penelitian ini memberikan manfaat sebagai bahan informasi bagi penentu program penanggulangan kemiskinan melalui pemenuhan hak kewarganegaraan. Lebih jauh lagi penelitian ini dapat memberikan masukan pada pemerintah pentingnya Kapasitas, Sistem Informasi Kompetensi Pelaksana, Koordinasi, Implementasi Kebijakan dan Partisipasi Masyarakat dalam meningkatkan kualitas layanan SLRT.



Download (49 Kali)




#Lokasi Penelitian
D.I Yogyakarta,Gorontalo,Jambi,Jawa Barat,Jawa Tengah,Kalimantan Timur,Nusa Tenggara Barat,Sumatera Barat