Judul : PROGRAM KELUARGA HARAPAN DI INDONESIA: Dampak Pada Rumah Tangga Sangat Miskin di Tujuh Provinsi
Peneliti : Dra. Teti Ati Padmi, Drs. Anwar Sitepu , MPM, Drs. Muchtar, M.Si, Muhammad BELANAWANE S, Drs. Togiaratua Nainggolan, M.Si, Nyi. R. Irmayani, SH, M.Si
Lokasi Penelitian : DKI Jakarta, Gorontalo, Jawa Barat, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Utara, Sumatera Barat
Tahun Penelitian : 2012
Bidang : Program Perlindungan dan Jaminan Sosial
Penelitian yang dibukukan ini bertujuan untuk mengetahui dampak pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) di tujuh provinsi serta merumuskan peluang pengembangan PKH di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum, kondisi RTSM pasca PKH lebih baik daripada kondisinya sebelum PKH, meskipun di beberapa provinsi justru mengalami penurunan status sosial ekonomi dan penurunan ketangguhan (resiliensi) Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM).

Penelitian ini mendiskusikan dan merekomendasikan antara lain: 1).Asumsi filosofis dan etis mengenai orang miskin perlu didudukan kembali secara tepat sebagai landasan pelaksanaan PKH, 2). Dalam pelaksanaannya, PKH perlu memperhatikan rantai proses yang nampak dalam analisis jalur sejak pemberian bantuan sampai dengan peningkatan partisipasi RTSM dalam bidang pendidikan dan kesehatan, 3) Unit sasaran program adalah keluarga bukan rumah tangga karena keduanya memuat pengertian yang berbeda, 4). Berdasarkan kenyataan belum tercapainya korelasi prediktif positif PKH, exit exit peserta PKH tahun 2007 sebaiknya ditunda, 5) peserta PKH harus dikondisikan sejak awal bahwa dalam jangka waktu tertentu mereka akan mengalami exit, 6) sebagai ujung tombak, deskripsi kerja pendamping membutuhkan reorientasi dan atau revitalisasi, mengarah pada fokus perubahan prilaku keluarga peserta PKH kepada hal-hal yang bersifat produktif dalam rangka peningkatan kesejahteraan sosialnya,7) terkait dengan validitas data peserta PKH (exklusion and inclusion errors), petugas pendata sebaiknya melibatkan masyarakat setempat sehingga sasaran program lebih tepat, 8). PKH sebagai program perlindungan sosial diintegrasikan ke dalam sistem jaminan sosial nasional melalui kerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan sosial nasional 9). Perpanjang bantuan akses pendidikan anak-anak dari RTSM hingga jenjang SLTA.


Download (1672 Kali)




#Lokasi Penelitian
DKI Jakarta,Gorontalo,Jawa Barat,Jawa Timur,Nusa Tenggara Timur,Sulawesi Utara,Sumatera Barat