Judul : Evaluasi Program Perlindungan Anak Melalui Rumah Perlindungan Sosial Anak (RPSA)
Peneliti : Dra. Alit Kurniasari, MPM, Drs. Anwar Sitepu , MPM, Drs. Nurdin Widodo,M.Si, Yanuar Farida Wismayanti, S.ST, MA
Lokasi Penelitian : Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan
Tahun Penelitian : 2011
Bidang : Program Rehabilitasi Sosial

Evaluasi Perlindungan Anak Melalui Rumah Perlindungan Sosial Anak (RPSA) bertujuan mengidentifkasi permasalahan anak pasca pelayanan RPSA. Penelitian dilaksanakan di RPSA Bambu Apus Jakarta, RPSA Satria Batur Raden (milik Kementerian Sosial RI), RPSA Bima Sakti Batu (milik Pemda provinsi Jawa Timur), RPSA Turikale Makassar (milik Pemda Kota Makassar) dan RPSA Muhammadiyah Bandung (milik swasta).
Teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan pimpinan, petugas dan pekerja sosial RPSA, eks klien dan keluarganya, tokoh masyarakat, guru sekolah dan pengurus panti sosial. Sedangkan FGD dengan pimpinan dan pelaksana RPSA dilakukan dalam upaya menjaring informasi yang berkaitan dengan kelembagaan dan kasus-kasus anak. Studi dokumentasi terhadap fle klien dan observasi terhadap kehidupan klien juga dilakukan dalam upaya menjaring informasi kasus-kasus klien.
Hasil penelitian pada beberapa kasus anak yang memerlukan perlindungan khusus (CNSP), menunjukkan bahwa pada beberapa anak merasa nyaman setelah berkumpul kembali dengan keluarga, terjadi perubahan perilaku. Namun tidak sedikit anak yang masihmengalami trauma, dendam pada pelaku terutama pada kasus-kasus pelecehan seksual, bahkan ada anak yang masih bekerja pasca pelayanan dari RPSA. Termasuk keluarga yang belum sepenuhnya ”siap” untuk menerima kehadiran anak. Kondisi ini secara tidak langsung memperlihatkan berbagai kekuatan dan kelemahan terkait dengan aspek kelembagaan dan proses pelayanan dari pelayanan awal sampai bimbingan lanjut serta optimalisasi dengan mitra kerja. Untuk itu direkomendasikan perlunya penguatan pada beberapa aspek dalam kelembagaan RPSA, seperti SDM, sarana prasarana, struktur organisasi, serta proses pelayanan dari tahap awal sampai bimbingan lanjut, serta perlunya penguatan keluarga sehingga capaian proses reunifkasi/reintegrasi/referal dapat lebih optimal dan hak-hak anak tetap terjamin.



Download (835 Kali)




#Lokasi Penelitian
Jawa Barat,Jawa Tengah,Jawa Timur,Sulawesi Selatan