Judul : Pengaruh Peran Keluarga Terhadap Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas Berat
Peneliti : Dr. Hari Harjanto Setiawan, AKS, M.Si, Dra. Husmiati, M.Soc.Sc, Ph.D, Dra. Mulia Astuti, M.Si, Drs, Bambang Pudjianto, M.Si, Drs. M. Syawie, MS, Ir. Ruaida Murni
Lokasi Penelitian : D.I Yogyakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera Barat , Sumatera Selatan
Tahun Penelitian : 2017
Bidang : Program Rehabilitasi Sosial

Penyandang disabilitas berat merupakan bagian dari masyarakat Indonesia yang mempunyai hak dan kewajiban yang sama dengan warga Negara lainnya. Penyandang disabilitas berat berhak untuk memperoleh pelayanan dan kemudahan yang berhubungan dengan kedisabilitasannya dari pihak lain terutama pengasuhan dan perawatan dari keluarganya. Penyandang disabilitas berat adalah mereka yang hidupnya tergantung dari pihak lain. 

Berbagai upaya yang telah dilakukan oleh pemerintah untuk menangani permasalahan penyandang disabilitas yaitu rehabilitasi sosial, pemberdayaan sosial, jaminan dan perlindungan sosial. Upaya rehabilitasi sosial dilakukan dalam bentuk motivasi dan diagnosa psikososial; perawatan dan pengasuhan; pelatihan vokasional dan pembinaan kewirausahaan; bimbingan mental spiritual; bimbingan fisik; bimbingan sosial dan konseling psikososial; pelayanan aksesibilitas; bantuan dan asistensi sosial; bimbingan resosialisasi; bimbingan lanjut dan/atau rujukan. 



Download (711 Kali)




#Lokasi Penelitian
D.I Yogyakarta,Jawa Barat,Jawa Tengah,Sumatera Barat ,Sumatera Selatan