Judul : Penelitian Tentang Profil Dan Pemetaan Potensi Masyarakat Dalam Rangka Pengembangan Desa Sejahtera Mandiri
Peneliti : Ayu Diah Amalia, S Sos,M.Kesos, Drs. Anwar Sitepu , MPM, Drs. B. Mujiyadi, MSW,, Drs. M. Syawie, MS, Drs. Suyanto
Lokasi Penelitian : Jambi, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Sumatera Selatan
Tahun Penelitian : 2017
Bidang : Program Perlindungan dan Jaminan Sosial

Desa merupakan unit terkecil dalam struktur pemerintahan di Indonesia. Meskipun terdapat istilah seperti nagari (Sumatera Barat), Gampong (Aceh), kelurahan (wilayah kota) yang secara umum merupakan tata pemerintahan setingkat desa dimaksud. Di dalamnya terdapat berbagai unsur organisasi termasuk satuan-satuan keluarga, Rukun Tetangga, Rukun Warga dan pedukuhan. Keseluruhan organisasi tersebut merupakan bagian yang secara tata pemerintahan berada dalam tatanan sistem yang disebut desa (untuk wilayah Kabupaten) dan kelurahan (untuk wilayah Kota). 


Menurut Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 bahwa yang dimaksud desa atau dengan sebutan lain adalah kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas-batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahan, kepentingan masyarakat setempat, berdasarkan prakarsa masyarakat, hak asal usul, dan/atau hak tradisional yang diakui dan dihormati dalam sistem Pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dengan demikian dalam Undang Undang tersebut diakui adanya otonomi yang dimiliki Desa. Artinya desa diberikan kesempatan untuk tumbuh dan berkembang mengikuti perkembangan dari masyarakatnya itu sendiri. 



Download (414 Kali)




#Lokasi Penelitian
Jambi,Jawa Timur,Kalimantan Timur,Sumatera Selatan