Judul : Efektivitas Pelayanan Panti Sosial Penyandang Disabilitas Tubuh
Peneliti : Drs, Bambang Pudjianto, M.Si
Lokasi Penelitian : Sumatera Selatan
Tahun Penelitian : 2015
Bidang : Program Rehabilitasi Sosial

Penyandang disabilitas merupakan bagian dari masyarakat Indonesia yang mempunyai hak dan kewajiban yang sama dengan warga Negara lainnya. Penyandang disabilitas berhak
untuk memperoleh pelayanan dan kemudahan yang berhubungan dengan kedisabilitasannya dari pihak lain. Sebaliknya untuk mendapatkan haknya itu, penyandang disabilitas berkewajiban untuk memiliki kemauan, tekad, semangat serta aktivitas yang nyata dalam usaha mengatasi permasalahan yang melekat pada dirinya, sebagai imbangan atas pelayanan yang diterima dari pihak lain. Penyandang disabilitas berkewajiban untuk turut menolong dirinya sendiri, bahkan harus melibatkan diri dan berperan aktif dalam kehidupan bermasyarakat di lingkungaannya. Penyandang disabilitas harus berpartisipasi didalam keseluruhan tahapan dan proses pelayanan di pusat rehabilitasi. Penyandang disabilitas tentunya menyimpan potensi tersembunyi,yang dapat digali dan ditumbuhkembangkan secara tepat, mereka akan mampu menolong dirinya sendiri dan bahkan dapat memberikan sumbangan yang bermanfaat dalam kehidupan bermasyarakat. Untuk memperoleh kesempatan pelayanan rehabilitasi dan menemukan kembali kemampuan fungsional, mengembangkan secara tepat dan mereka harus memiliki kemauan dan kemampuan dalam kehidupan bermasyarakat, meskipun ternyata belum dapat dinikmati sepenuhnya oleh karena keterbatasan tenaga, sarana, prasarana dan lain-lainnya.
Hasil penelitian yang dilakukan pada semua Unit Penyelenggara Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Tubuh Kementerian Sosial (PSBD), mencoba mendeskripsikan upaya program rehabilitasi danhambatan-hambatan yang ditemui di lokasi, baik PSBD di kota Palembang,Medan, Makasar dan Surakarta, yang menggambarkan peran dan fungsi PSBD tersebut belum efektif secara optimal. Atas kondisi tersebut, hasil penelitian ini membuat suatu terobosan berbentuk rumusan rekomendasi yang dimungkinkan dapat menjadi bahan masukan berguna bagi pihak-pihak terkait di lingkungan Kementerian Sosial dan pengguna dalam upaya pengembangan kebijakan. Tidak ada kata lain yang lebih tepat, bahwa buku hasil penelitian ini dapat menambah khasanah baru yang mencerahkan dan sangat layak untuk dibaca khalayak umum serta pemerhati masalah disabilitas, sehingga dapat berbuah kemanfaatan bagi semua.



Download (3092 Kali)




#Lokasi Penelitian
Sumatera Selatan