Judul : Evaluasi Implementasi Kebijakan Program Raskin 2014
Peneliti : Drs. Anwar Sitepu , MPM, Drs. Setyo Sumarno, M.Si, Drs. Togiaratua Nainggolan, M.Si, Ir. Ruaida Murni
Lokasi Penelitian : Jawa Tengah, Nusa Tenggara Barat
Tahun Penelitian : 2014
Bidang : Program Pemberdayaan Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan program raskin belum dapat diimplementasi secara konsisten dilapangan. Raskin didistribusikan tidak hanya kepada rumah tangga yang terdaftar seperti yang telah ditetapkan. Terdapatnya pengurangan pagu anggaran sehingga terjadi sistem bagito serta jumlah dan kualitas raskin yang tidak memadai sesuai yang direncanakan.
Berbagai kendala yang dihadapi dalam implementasi program raskin adalah adanya kesalahan dalam penetapan sasaran program, belum efektifnya tim koordinasi pelaksana dalam menyelesaikan permasalahan yang muncul dan terbatasnya anggaran subsidi beras untuk menangani seluruh rumah tangga miskin, dan rentan dalam memenuhi kebutuhan minimal.
Akibatnya, program raskin belum/tidak mampu mencegah dan mengurangi resiko yang dialami manusia sehingga terhindar dari kesengsaraan yang parah dan berkepanjangan; tidak dapat meningkatkan kemampuan kelompok-kelompok rentan dalam menghadapi dan keluar dari kemiskinan, kesengsaraan dan ketidaknyamanan sosial ekonomi dan rencana memotong mata rantai kemiskinan yang diwariskan dari generasi ke generasi belum/tidak dapat terwujud. Dengan demikian tujuan dari program raskin dalam memberikan perlindungan sosial kepada rumah tangga miskin tidak tercapai.



Download (968 Kali)




#Lokasi Penelitian
Jawa Tengah,Nusa Tenggara Barat