Judul : Beras Genggam Bagi Warga Miskin Di Kota Padang
Peneliti :
Lokasi Penelitian :
Tahun Penelitian : 2013
Bidang : Program Penelitian Kerjasama
Pemerintah Kota Padang melakukan penanganan warga miskin perkotaan dengan melakukan pengumpulan beras dari Pegawai Negeri yang bekerja di Satuan Kegiatan Perangkat Daerah (SKPD). Tiap hari tiap pegawai yang dianggap mampu menyisihkan segenggam beras untuk disetorkan ke panitia yang sudah ditunjuk berdasarkan Surat Keputusan Walikota padang Nomor 34 Tahun 2011. Beras tersebut disalurkan kepada warga miskin dan kelompok masyarakat yang mengalami musibah atau bencana. Permasalahannya bagaimana pelaksanaan penyaluran beras genggam kepada warga miskin perkotaan? Tujuannya untuk mengetahui penyaluran beras genggam kepada warga miskin perkotaan. Pengumpulan data yang digunakan yaitu; studi dokumentasi dan wawancara. Wawancara terhadap informan terhadap; petugas, tokoh masyarakat 
dan warga miskin yang ditemui di lokasi kajian. Analisis kajian menggunakan teknik pemaknaan terhadap hasil wawancara terhadap informan, sehingga akan didapat gambaran terkait dengan penyaluran beras genggam. Sasaran lokasi dilakukan secara random sample pada dua kelurahan yaitu; Kelurahan Kepala Koto di Kecamatan Pauh, dan Kelurahan Bungus Barat di Kecamatan Bungus Teluk Kabung. 
Berdasarkan kajian diketahui; pertama, pengumpulan beras genggam berdasarkan instruksi Walikota Padang dan penyalurannya masih terbatas; kedua, sebagian masyarakat belum mengetahui adanya program beras genggam. Selain itu Kenyataannya selama ini yang diketahui hanya pengumpulan dan penyaluran yang sesuai dengan laporan tertulis. Penyalurannya masih terbatas pada kelompok dan lembaga sosial, sehingga belum menyentuh sasaran yang lebih banyak. Sumber data melalui wawancara yang diperoleh melalui tokoh masyarakat seperti pengurus masjid dan surau, serta tokoh masyarakat RT setempat.

Kata kunci: beras genggam, warga miskin perkotaan


Download (779 Kali)




#Peneliti
#Lokasi Penelitian