Judul : Penelitian Pelayanan Dan Rehabilitasi Sosial Anak Di Panti Sosial Marsudi Putra (Evaluasi Program Penanganan Anak Nakal)
Peneliti : Dra. Alit Kurniasari, MPM, Dra. Indah Huruswati, M.Si, Dr. Hari Harjanto Setiawan, AKS, M.Si, Muslim Sabarisman, AKS
Lokasi Penelitian : Nusa Tenggara Barat, Riau , Sulawesi Selatan, Sumatera Selatan
Tahun Penelitian : 2009
Bidang : Program Rehabilitasi Sosial
Penelitian tentang pelayanan dan rehabilitasi sosial anak di Panti Sosial Marsudi Putra (PSMP) bertujuan untuk mengevaluasi fungsi panti sebagai panti pelayanan dan rehabilitasi, yang bermanfaat untuk mengambil keputusan bagi pengembangan panti selanjutnya. Penelitian dilakukan pada panti milik Pemda (PSMP Tengku Yuk di Provinsi Riau, PSMP Dharmapala di Sumatera Selatan) dan panti milik Depsos; (PSMP Todopuli di Sulawesi selatan dan PSMP Paramita di Nusa Tenggara Barat. Saat ini PSMP ditantang memberikan pelayanan dan perlindungan pada berbagai jenis permasalahan anak, diantaranya anak yang berkonflik hukum, anak korban nafza, korban traffiking, korban tindak kekerasan dan bentuk penelantaran anak lainnya. Melalui penelusuran tentang kondisi panti, proses pelayanan dan kendala yang dihadapi panti; dilakukan secara kualitatif, dengan menggunakan tehnik wawancara mendalam, observasi, kuesioner dan diskusi kelompok terhadap anak binaan, pengurus panti, instruktur dan pekerja sosial.


Download (1235 Kali)




#Lokasi Penelitian
Nusa Tenggara Barat,Riau ,Sulawesi Selatan,Sumatera Selatan