Judul : DIAGNOSA PERMASALAHAN SOSIAL DI KABUPATEN PULANG PISAU PROVINSI KALIMANTAN TENGAH
Peneliti : Dra. Indah Huruswati, M.Si
Lokasi Penelitian : Kalimantan Tengah
Tahun Penelitian : 2006
Bidang : Program Pemberdayaan Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan

Kabupaten Pulang Pisau merupakan sebuah Kabupaten baru hasil pemekaran dari Kabupaten Kapuas yang diresmikan pada tahun 1999. Dampak dari pemekaran tersebut, Kabupaten ini dihadapkan pada berbagai permasalahan sosial dan ekonomi, antara lain permasalahan sumber daya manusia yang belum memadai, masalah administrasi yang belum tertata dengan baik, sarana dan prasarana infrastruktur yang masih kurang, serta masalah kesejahteraan sosial yang semakin merebak. Pemerintah
Daerah berupaya menata kembali sistem administrasi wilayahnya, salah satunya adalah dengan menyediakan data dasar (database) yang akurat dan reliable tentang permasalahan sosial serta sumberdaya, yang dapat dijadikan acuan dalam penentuan kebijakan prioritas program pembangunan kesejahteraan sosial, sehingga pelaksanaan program pembangunan di Kabupaten ini dapat terwujud secara tepat sasaran dan tepat guna.

Upaya penyediaan database tersebut, dilakukan melalui penelitian kerjasama antara Badan Pendidikan dan Penelitian Sosial - Departemen Sosial RI dengan Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau - Kalimantan Tengah pada pertengahan tahun 2006 lalu. Penelitian dilakukan di dua kecamatan yaitu Kecamatan Pandih Batu dan Maliku yang dipilih berdasarkan keragaman masalah sosial dan potensi yang dimiliki.



Download (4082 Kali)




#Lokasi Penelitian
Kalimantan Tengah