Judul : Pelayanan Lanjut Usia Berbasis Kekerabatan
Peneliti :
Lokasi Penelitian : Jawa Timur, Kalimantan Barat , Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, Sumatera Utara
Tahun Penelitian : 2006
Bidang : Program Rehabilitasi Sosial
Meningkatnya usia harapan hidup penduduk Indonesia seiring dengan jumlah penduduk lanjut usia. Berbagai kebijakan, program dan kegiatan telah dilakukan oleh pemerintah maupun masyarakat. Namun, belum dapat memecahkan permasalahan yang ada. Sementara kekerabatan sebagai sumber dan potensi kesejahteraan sosial, yang telah berfungsi dalam pelayanan lanjut usia secara tradisional belum dioptimalkan. Pertanyaan dalam penelitian ini, apakah pelayanan lanjut usia berbasis kekerabatan telah sesuai dan dapat memenuhi kebutuhan lanjut usia ?
Penelitian ini bertujuan mengetahui kebutuhan lanjut usia, permasalahan lanjut usia dan pelayanan yang dilakukan oleh kerabat. Hal ini guna mengembangkan konsep model pelayanan lanjut usia berbasis kekerabatan. Pendekatan deskriptif kualitatif, tehnik pengumpulan data dengan wawancara, FGD, studi dokumentasi dan observasi. Lokasi penelitian di Sumatera Utara, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat dan Sulawesi Selatan.
Hasil penelitian bahwa pelayanan sosial dalam kerabat merupakan salah satu nilai budaya setempat yang membuat lanjut usia merasa aman dan terlindungi dalam lingkungan kerabat. Dilain pihak, kerabat merasa sudah menjalankan kewajiban dan tanggung jawab sesuai nilai budaya dan agama yang dianutnya. Permasalahan lanjut usia yang paling dirasakan adalah masalah kesehatan. Ditinjau dari kebutuhan hidup pokok kecuali ekonomi, secara fisik umumnya merasakan tercukupi. Harapan lanjut usia maupun kerabat adalah tempat serbaguna yang berfungsi pelayanan dan kegiatan lanjut usia. Untuk memeriksakan penyakit, lanjut usia berharap pelayanan khusus bagi lanjut usia atau Posyandu lansia yang murah dan mudah dijangkau.
Penelitian ini merekomendasikan suatu model pelayanan lanjut usia dalam kerabat melalui : penguatan ekonomi kerabat bagi lanjut usia yang tidak potensial dan ekonominya lemah, penguatan ekonomi bagi lanjut usia potensial,pengembangan lembaga organisasi lanjut usia yang memiliki berbagai kegiatan yang bersifat psikis, maupun ekonomi, pembinaan generasi muda dalam upaya pelestarian nilai budaya dan pelayanan kesehatan lanjut usia yang optimal.
Kata Kunci: lanjut usia, Pelayanan Sosial, Kekerabatan
Download Ringkasan Eksekutif

Download (6522 Kali)




#Peneliti
#Lokasi Penelitian
Jawa Timur,Kalimantan Barat ,Nusa Tenggara Barat,Sulawesi Selatan,Sumatera Utara