Inovatif dan Kompetitif dalam Penelitian dan Kebijakan dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial
02 September 2014
Maraknya Kekerasan pada anak di Indonesia menginisiasi Badan Pendidikan dan Penelitian Kesejahteraan Sosial (Badiklitkesos) Kementerian Sosial Republik Indonesia bersama dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bappenas, BPS, UNICEF dan CDC melaksanakan Survey Prevelensi Kekerasan Terhadap Anak (SKTA) di Indonesia.

Sebagai upaya untuk mempersiapkan team leader yang berkualitas, para team leader di “didik” dalam sebuah diklat yang dilaksanakan selama 10 hari, dimulai pada hari Kamis, 4 April 2013 sampai dengan 13 April 2013 bertempat di Pusdiklatkesos Margaguna. Peserta diklat team leader berjumlah 52 orang, yang terdiri dari 34 orang tim inti/tim utama dan 18 orang tim tambahan. Menurut DR. Dwi Heru Sukoco, M.Si selaku Kepala Puslitbangkesos menyatakan tim inti merupakan peneliti dari Puslitbangkesos, B2P3KS Yogyakarta, dan STKS Bandung. Sedangkan tim tambahan adalah peserta yang berasal Pusdiklatkesos, Pusdatinkesos, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bappenas, BPS, Pusat Kajian Anak Universitas Indonesia (Puska UI), Team Reaksi Cepat TRC Anak dan Direktorat Kesejahteraan Sosial Anak Kemensos.

Kepala Badiklitkesos, DR. Ir. Harry Hikmat, M.Si, pada hari kamis 4 April 2013 membuka kegiatan Diklat Team Leader SKTA secara resmi. Dalam sambutannya, Kabadiklitkesos memberikan apresiasi yang besar terhadap Puslitbangkesos, yang di pimpin oleh DR. Dwi Heru Sukoco, M.Si, khususnya kepada tim peneliti. Tim peneliti SKTA Puslitbangkesos diketuai oleh Dra. Alit Kurniasari, MPM dengan anggota Drs. Nurdin Widodo, M.Si, Badrun Susantyo, Ph,D, Husmiati, Ph.D, Irmayani, SH, M.Si, dan Yanuar Wismayanti, S.ST, MA. yang telah mencurahkan tenaga, pikiran, dan waktunya untuk mewujudkan SKTA.

Pada acara pembukaan tersebut, hadir pula Deputi Perlindungan Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anakn Dra. Y. Puspito, MA., Perwakilan Unicef Inndonesia, Mrs. Angela Kearney, CDC Mr. William Hawley, MPH, PhD dan Kepala Pusdiklatkesos Drs. Hasbullah, M.Si

Pada acara pembukaan tersebut juga dilaksanakan MOU antara Badiklitkesos Kementerian Sosial RI dengan Unicef Indonesia