Bekasi 11 -13 November 2020. Diseminasi Hasil Penelitian Rehabilitasi Sosial dan Pemberdayaan Sosial Tahun 2020. Oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial.

Kegiatan ini menjadi bagian yang strategis dari rangkaian proses penelitian, terutama karena diseminasi merupakan arena publikasi hasil penelitian yang tidak kalah pentingnya dari bagian persiapan maupun pengumpulan data penelitian itu sendiri. Jika sebuah penelitian tidak didiseminasikan dan dipublikasikan, ia tidak akan mencapai manfaat yang optimal. Lebih jauh lagi, diseminasi merupakan bagian sentral untuk menerjemahkan visi penelitian yang kami pegang teguh di Kementerian Sosial, ‘kebijakan sosial berbasis bukti’ (evidence-based social policy).

Kepala BP3S Prof Syahabudin dalam arahannya dan sekaligus membuka kegiatan ini menyampaikan seminar Penelitian tentang kewirausahaan sosial merupakan penelitian pendahuluan yang dilakukan untuk menjajaki dan menemukenali model-model intervensi pemberdayaan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH Graduasi seperti apa yang telah digagas dan diterapkan di masyarakat, baik oleh pemerintah daerah, masyarakat lokal, maupun secara mandiri oleh eks-KPM PKH tersebut

Dari tiga penelitian bidang Pemberdayaan Sosial dan Rehabilitasi Sosial yang telah dilakukan oleh Puslitbang Kesos, yang ketiganya dilaksanakan dengan berbagai tantangan dan keterbatasan dalam masa pandemi, Kepala BP3S juga menyampaikan yang menjadi tantangan besar bagi Puslitbangkesos Kemensos adalah bagaimana agar hasil penelitian ini dapat dijadikan rujukan untuk merumuskan program, Agar memperkuat koordinasi antar-unit Kementerian Sosial maupun pemerintah daerah,

Kepala BP3S juga mengapresiasi yang sebesar-besarnya atas kesediaan bapak-ibu yang telah hadir mengikuti diseminasi hasil penelitian ini. Semoga apa yang disampaikan dalam pertemuan dan diskusi terhadap hasil penelitian ini akan menambah wawasan kita dan menjadi kontribusi yang berarti terhadap usulan rekomendasi kebijakan sosial berbasis penelitian dan pengetahuan.