Kegiatan Rapat Koordinasi Perencanaan Penelitian yang diadakan di hotel Lorin Solo pada tanggal 12 September 2019. Acara ini dihadiri oleh para kepala pusat dan kepala balai besar di lingkungan Badiklitpensos, juga pejabat struktural administrator dan pengawas, serta fungsional peneliti dan widyaiswara. Acara tersebut juga dihadiri tidak kurang dari 150 orang. Dari lingkunan Badiklitpensos dan satker lain di lingkungan Kementerian Sosial.

Dalam acara ini Kepala Badan Pendidikan, Penelitian, dan Penyuluhan Sosial (Kabadiklit Pensos) Kementerian Sosial. Harry Z. Soeratin menyampaikan untuk memastikan bagaimana linkage antara unit teknis dan Badiklitpensos terjalin. Kita telah menyiapkan komponen penelitian untuk menjawab bagaimana quick win untuk mengejar ketertinggalan reformasi birokrasi. Selain itu Penelitian harus menjawab tepat sebuah masalah, tepat waktu, tepat metodologi, dan tepat rekomendasi. Tegas Soeratin dalam pembukaan acara di hotel Lorin Solo pada malam itu.

Kapuslitbang Kessos Eva Rahmi Kasim juga menyampaikan, bahwa kebijakan dan program kesos yang efektif dan berkualitas memerlukan adanya data dukung dan bukti yang diperoleh dari penelitian yang dilakukan secara sistematis dan rasional. Pusltbangkesos juga melakukan kolaborasi riset dengan berbagai lembaga riset nasional dan internasional serta perguruan tinggi. Pada kesempatan kegiatan di Solo, juga ditandatangani Kesepakatan Kerjasama Puslibangkesos dengan Lembaga Pusat Penelitian Pranata Pembangunan Universitas Indonesia di bidang penelitian dan peningkatan kapasitas riset. Hasil penelitian tidak hanya berakhir di jurnal semata, melainkan bisa dijadikan bahan pembuat kebijakan dan di desiminasikan secara luas.

Kegiatan selanjutnya peserta melakukan kunjungan ke BBRSPDF Prof.Soeharso Solo. Disana para peserta disambut oleh kepala balai BBRSPDF Prof.Soeharso Heri Kris Sritanto. Dalam sambutannya Heri Kris menyampaikan visi dan misi balai BBRSPDF Prof.Soeharso kedepan. Tak lupa pula Heri Kris juga menjelaskan sejarah berdirinya BBRSPDF Prof.Soeharso serta memperkenalkan para peserta kepada anak didik yang berprestasi. Kemudian setelah itu Eva Rahmi Kasim memberikan sambutan. Dalam sambutannya Eva Rahmi Kasim memberikan motivasi kepada para anak didik di Balai BBRSPDF Prof.Soeharso, Eva Rahmi Kasim mengatakan. Bagaimana kita bisa merubah orang yang meliliki keterbatasan fungsi menjadi mampu. Perkataan dan motivasinyapun disambut dengan tepuk tangan dan pancaran semangat yang terlihat dari wajah para anak didik.

Selesai mengadakan kunjungan lapangan pada malam harinya dilanjutkan dengan acara penutupan. Closing statement disampaikan oleh Eva Rahmi Kasim. Kapuslitbang menyampaikan bahwa dari pertemuan koordinasi selama 3 hari,  didapat banyak kebijakan dan program PR yang harus dipetbaiki melalui riset. Salah satunya terkait SDM kesos yang multirasking yang tersebar diberbagai program namun belum terkoordinasi secara efektif. Salah satu PR tersrbut adalah melihat kembali pemetaan SDM kesos tersebut,  termasuk kelembagaanya.  Untuk mencapai kualitas kebijakan kesos yang lebih baik,  diharapkan selalu terjalin kerjasama dan dukungan semua pihak.