Dalam rangka melaksanakan kegiatan Arah Baru Pembangunan Kesejahteraan Sosial 2020-2024 yang berlangsung di Hotel Crown Plaza Bandung pada tanggal 30 Juni sampai dengan tanggal 03 Juli 2019 dalam kegiatan tersebut menjelaskan seputar Arah Baru Pembangunan Kesejahteraan Sosial yang bertujuan untuk menentukan arah baru pembangunan kesejahteraan sosial Indonesia melalui suatu pendekatan yang lebih responsif dan adaptif terhadap perubahan kondisi. Strategi penelitian dibagi menjadi tiga cara yaitu melalui FGD, SurveyMonkey, dan Tinjauan Pustaka.

Kegiatan Konvensi ini juga membahas seputar isu isu strategis serta memberikan Strategi penanganan yang diharapkan dapat memberikan solusi kedepanya. Seperti contohnya, Perlindungan sosial belum Komprehensif dan adaptif, maka strategi penanganan yang di harapkan yaitu melalui penguatan profesionalitas penyelenggaraan kesejahteraan sosial melalui sumber daya manusia yang kompeten (tersertifikasi) dan lembaga kesejahteraan sosial yang kredibel (terakreditasi) dalam memberikan pelayanan. Contoh lainnya yaitu ketimpangan dalam mengakses pelayanan sosial dasar. Strategi penanganannya yaitu perlu managemen data yang baik.

 

 

Dalam acara konvensi Arah Baru Pembangunan Kesejahteraan Sosial yang dilaksanakan di bandung terdapat rangkaian kegiatan acara yaitu, acara di buka pada tanggal 30 juni 2019 dan dibuka langsung oleh Bapak Harry Z. Soeratin selaku Kepala Badan Pendidikan, Penelitian, dan Penyuluhan Sosial (Kabadiklit Pensos) Kementerian Sosial RI. Setelah acara pembukaan, Acara dilanjutkan kesokan harinya yang bertempatan di ballroom Hotel Crown Plaza Bandung. Dalam acara ini yaitu melakukan pembahasan seputar permasalahan Arah Baru Pembangunan Kesejahteraan Sosial yang di bahas langsung oleh narasumber dan para peneliti dari puslitbang. Di akhir acara juga diberikan kesempatan kepada para peserta untuk melakukan sesi tanya jawab.

Keesokan harinya acara dilanjutkan di dalam kelas. Kelas terbagi menjadi 4 kelas yang masing masing membahas seputar permasalahan yang berbeda. Para peserta di bagi menjadi berkelompok. Acara hari itupun selesai pada sore hari.

Hari selanjutnya, setelah para peserta mendengarkan closing remarks yang di bacakan langsung oleh ketua peneliti Bapak Mu’man Nuryana, para peserta diajak untuk melakukan kegiatan ringan seperti menyani, berjoget, dan bersantai di ballroom Hotel. Acara tersebut merupakan acara akhri atau acara penutupan dari kegiatan Konvensi Arah Baru Pembangunan Kesejahteraan Sosial 2020-2024.