Pada tanggal 27 juni sampai dengan tanggal 29 juni tahun 2019 telah diadakan kegiatan rapat kerja dan teknis atau yang biasa disebut dengan rakernis yang diselenggarakan di hotel Aquila Bandung. Kegiatan tersebut dihadiri oleh 450 orang peserta dari 13 satuan kerja BP3S. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mendapatkan kesepahaman dan keselarasan arah kebijakan Badiklitpensos Kementerian Sosial dalam pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dan  penguatan Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS).

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 3 hari mulai dari tanggal 27 juni hingga 29 juni 2019. Seluruh peserta dibekali dengan materi-materi pembahasan yang membahas seputar semangat dan nilai-nilai kementerian sosial dalam rangka mewujudkan kebijakan dan strategi Badiklitpensos untuk pengembangan SDM dan penguatan LKS secara efektif, efisien, dan akuntabel dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial.

Melalui kegiatan rakernis badiklitpensos tersebut, diharapkan dapat membuat kinerja dan semangat dalam bekerja semakin meningkat. Kegiatan ini menjadi momentum penting dan strategis untuk menjadikan disiplin, kinerja, bersinergi serta bermartabat sebagai budaya di dalam bekerja. Hal ini dilakukan guna mewujudkan peran strategis badiklitpensos sebagai the backbone dan prime mover Kementerian Sosial dan sekaligus meneguhkan posisinya sebagai center of excellence bagi penyelenggaraan kesejahteraan sosial.

Berdasarkan hal tersebut, BP3S mengupayakan berbagai percepatan, diantaranya hasil penelitian dan pengembangan layanan kesejahteraan sosial sebagai background study yang kontributif terhadap inisiasi penyusunan draf grand design pengembangan SDM dan lembaga penyelenggara kesejahteraan sosial yang profesional dan RUU dampak sosial serta inisiasi baru program/kegiatan penyelenggaraan kesejahteraan sosial yang inovatif.