Pada hari kamis 14 Februari 2019 telah diadakan acara pembinaan pegawai yang bertempat di Hotel Sheraton Mustika Yogyakarta. Dalam acara tersebut terdapat beberapa materi yang dibahas. Acara pembinaan pegawai ini dihadiri oleh 3 satker yaitu Puslitbang, Pusbangprof, dan Puspensos. Acara dibuka malam harinya oleh Bapak Harry z Soeratin selaku Kepala Badan Pendidikan, Penelitian, dan Penyuluhan Sosial (Kabadiklit Pensos) Kementerian Sosial Republik Indonesia.  

Keesokan harinya ketiga satker tersebut mengadakan acara internal masing masing satker. Puslitbang Kementerian Sosial mengadakan acara internal yang bertempatan di ballroom Hotel Sheraton Mustika Yogyakarta. Acara dibuka oleh Kepala Pusat Penelitian Dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial Kementerian Sosial Republik Indonesia Bapak Mulia Jonie. Apresiasi di berikan kepada seluruh pegawai Puslitbang Kementerian Sosial karena sampai saat ini selalu mengedepankan kinerja dan kualitas dalam bekerja. Tak lupa pula Bapak Mulia Jonie selaku Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial menyampaikan kepada para karyawan untuk terus tetap bekerja keras, bekerja ikhlas, dan bekerja cerdas. Karena kementerian sosial, khususnya puslitbang adalah tempat kita mencari nafkah, tempat kita menghidupi keluarga, dan tentunya kementerian sosial atau puslitbang merupakan rumah kedua bagi kita semua, karyawan yang bekerja di dalamnya. Untuk itu maka perlulah kita memberikan semua yang terbaik dalam bekerja. Tutur Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial Republik Indonesia Bapak Mulia Jonie.

Kegiatan selanjutnya adalah melakukan penandatanganan pakta integritas bagi seluruh pegawai Puslitbang Kementerian Sosial Republik Indonesia yang di selenggarakan di podium serta di saksikan secara bersamaan oleh semua jajaran staff dan pimpinan Puslitbang Kementerian Sosial Republik Indonesia. Dalam hal tersebut penandatanganan pakta integritas merupakan suatu pernyataan kepada diri sendiri tentang komitmen untuk melaksanakan seluruh tugas, fungsi, tanggung jawab, wewenang, dan peran sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan kesanggupan untuk tidak melakukan korupsi, kolusi, dan nepotisme. Hal ini perlu dilakukan selain untuk mengingatkan kepada masing masing individu untuk selalu komitmen dalam bekerja, juga untuk menegaskan bahwa sebagai abdi Negara wajib hukumnya untuk mentaati serta tunduk terhadap peraturan yang berlaku.

Selepas kegiatan penandatanganan pakta integritas, para pegawai melanjutkan aktifitas outing dan mengunjungi beberapa tempat-tempat wisata seperti tempat outbound, café, malioboro, dan tempat oleh-oleh lainnya.

Kegiatan pembinaan pegawaipun berakhir pada hari sabtu 16 Februari 2019 dan acara tersebut memberikan kesan yang mendalam bagi para pegawai serta kami semua meyakini bahwa semangat kami kedepan akan lebih baik lagi setelah berlangsungnya acara tersebut.