Bila melihat dari isu strategis pembangunan yaitu penangangan kesejahteraan sosial yang masih mengalami kendala maka riset yang berhubungan dengan masalah dan pembangunan sosial harus dilakukan.”

Statement tersebut dikemukakan oleh DR. H.M. Ali Taher Parasong, SH., M.Hum. Ketua Komisi VIII DPR RI dalam paparannya pada kegiatan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) di lingkungan Badan Pendidikan Penelitian dan Penyuluhan Sosial (BP3S). Kegiatan yang diselenggarakan di Kampus Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial Regional IV Kalimantan Selatan dihadiri oleh 450 orang peserta dari 13 satuan kerja BP3S bertujuan untuk mendapatkan kesepahaman dan keselarasan arah kebijakan Badiklitpensos  Kementerian Sosial dalam pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dan  penguatan Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS).

Selama 4 hari sejak tanggal 20 September 2018, seluruh peserta dibekali materi pembahasan yang berfokus pada internalisasi semangat nilai-nilai Kementerian Sosial untuk mewujudkan kebijakan dan strategi Badiklitpensos dalam upaya pengembangan SDM & penguatan LKS secara efektif, efisien, dan akuntabel dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial. Seluruh materi tersebut disampaikan oleh Menteri Sosial RI yang diwakili Kepala BP3S, Ketua Komisi VIII DPR RI, Kepala Lembaga Administrasi Negara RI, Direktur Jenderal Anggaran (DJA) Kementerian Keuangan RI, Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Dirjen Perhutanan Sosial & Kemitraan Lingkungan Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Staf Ahli Menteri Bidang Perubahan dan Dinamika Sosial, Direktur Penanggulangan Kemiskinan dan Kesejahteraan Sosial BAPPENAS RI, dan Inspektur IV Bidang Penunjang Inspektorat Jenderal, Kementerian Sosial RI.

Sesuai dengan tema Rakernis “Melalui Rakernis Badiklitpensos Kita Tingkatkan Semangat Berdisiplin, Berkinerja, Bersinergi dan Bermanfaat” kegiatan ini menjadi momentum penting dan strategis untuk membudayakan semangat berdisiplin, berkinerja, bersinergi dan bermartabat guna mewujudkan peran strategis Badiklitpensos sebagai the backbone dan prime mover Kementerian Sosial dan sekaligus meneguhkan posisinya sebagai center of excellence bagi penyelenggaraan kesejahteraan sosial.  Berdasarkan hal tersebut, BP3S mengupayakan berbagai percepatan, diantaranya hasil penelitian dan pengembangan layanan kesejahteraan sosial sebagai background study yang kontributif terhadap inisiasi penyusunan draf grand design pengembangan SDM dan lembaga penyelenggara kesejahteraan sosial yang profesional dan RUU dampak sosial serta inisiasi baru program/kegiatan penyelenggaraan kesejahteraan sosial yang inovatif.