Rabu, 02 Agustus 2017 bertempat di ruang Rapat Pusat Penyuluhan Sosial Gedung Kementerian Sosial RI telah diselenggarakan pembahasan awal rancangan quick research. Hal-hal yang menjadi topik bahasan penelitian yaitu Fenomena Geng Motor di Beberapa Kota Jawa Barat, kedua Kekerasan Terhadap Anak di Sekolah, yang ketiga Persepsi Keluarga Penerima Manfaat Terhadap Pelaksanaan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan terakhir penyampaian awal hasil penelitian terkait dengan Kekerasan Seksual yang dilakukan Anak terhadap AnakĀ  dilakukan B2P3KS Yogyakarta bersama dengan ECPAT yaitu organisasi yang bekerja menentang Eksploitasi Seksual Komersial Anak (ESKA).

Pada kesempatan tersebut dihadiri oleh Bapak Edi Suharto, M.Sc, Ph.D selaku Kepala Badan Pendidikan Penelitian dan Penyuluhan Sosial. Beliau menyampaikan bahwa judul-judul penelitian tersebut merupakan permintaan langsung dari Ibu Menteri Sosial terkait maraknya fenomena sosial yang terjadi di masyarakat saat ini dan juga permintaan dari Ditjen Penanganan Fakir Miskin atas kegiatan yang dilakukan oleh Kementerian Sosial.

Maksud penyelenggaraan kegiatan pembahasan awal rancangan dan quick research adalah dalam rangka persiapan sebelum melakukan pembahasan rancangan dan pengumpulan data lapangan. Tujuan kegiatan adalah supaya setiap tim penelitian dapat mencapai apa yang diharapkan atas penelitian tersebut sesuai dengan kebutuhan dan kondisi yang ada. Setiap penelitian diharapkan mampu membedakan dan memahami hal-hal yang menjadi objek penelitian masing-masing agar hasil penelitian tersebut dapat dijadikan sebagai landasan rumusan kebijakan dalam mengatasi masalah yang terjadi saat ini dan beliau berpesan bahwa jangan sampai nantinya masyarakat menjadi multitafsir dalam mengartikan hasil penelitian tersebut. (ekw)