Salah satu dari 9 (Sembilan) agenda prioritas pembangunan tahun 2015-2019 (Nawa Cita 5) yaitu Meningkatkan kualitas hidup manusia dan masyarakat Indonesia. Hal tersebut seiring dengan tujuan akhir yang akan dicapai Kementerian Sosial adalah Meningkatkan taraf kesejahteraan sosial penduduk miskin dan rentan; Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan kelembagaan penyelengara kesejahteraan sosial. Dengan demikian upaya pengembangan kapasitas SDM sebagai salah satu upaya meningkatkan kesejahteraan sosial penduduk miskin dan rentan yang selama ini jumlah semakin meningkat.

Hal tersebut merupakan salah satu hal yang di ungkapkan oleh Tim Penelitian "Pemetaan Sumber Daya Manusia (SDM) Kesejahteraan Sosial" yang diwakli oleh Irmayani sebagai Ketua Tim Penelitian dalam Seminar Hasil Penelitian di Golden Boutique Hotel Jakarta, pada Rabu, 22 Februari 2017. Kemudian di sisi lain, tim tersebut mengungkapkan dalam paparannya bahwa langkah yang perlu dilakukan dalam menyiapkan SDM kesos yang unggul melalui peningkatan kualitas dan produktivitas SDM Kesos, Pegawai, dan Non.

Pada kesempatan tersebut turut hadir Edi Suharto, M.Sc., Ph.D selaku Kepala Badan Pendidikan, penelitian dan Penyuluhan Sosial sebagai Pembahas Utama yang memberi masukan kepada tim penelitian agar irisan dalam paparan yang dibuat harus punya makna dan juga lingkaran, perlu dibuat sistematis cara mengungkapkannya, penelitian ini perlu juga dibuat policy brief dan ada gambar tujuannya, scopenya seperti apa, konfigurasi. Harus dijelaskan dari awal soal scope dan method. Indikatornya yang dipakai harus jelas, Gap analisis yang ideal apa.

Dalam kesempatan yang sama Suhadi selaku Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial mengutarakan bahwa di batasan SDM namanya perlu di sesuaikan,dan penelitian ini bisa di selaraskan. Terkait data klasifikasi dari data yang sudah masuk tinggal dimasukan ke 4 klaster ini. Selain itu juga turut hadir Konsultan Tim penelitian Dr. Anggraeni Primawati, peserta dari Direktorat Teknis terkait dan perwakilan dari GIZ Indonesia.

Paparan Penelitian terkait pemetaan SDM Kesos ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan “Seminar Hasil Penelitian 2016 Puslitbangkesos” yang berlangsung pada tanggal 22 - 24 Februari 2017 di Hotel Golden Boutique, Jakarta. Seminar  ini mengagendakan paparan 5 judul penelitian : 1). Dampak Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Dalam Penanggulangan Kemiskinan, 2). Pemetaan Sumber Daya Manusia (SDM) Kesejahteraan Sosial, 3). Manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) Dalam Percepatan Penanggulangan Kemiskinan, 4). Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan Rehabilitasi Sosial Rumah Tidak Layak Huni (Rehsos Rutilahu) di Empat Provinsi, dan 5). Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT).

Dalam laporannya, Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial (Puslitbangkesos), Drs. Mulia Jonie, M.Si menyatakan bahwa kegiatan seminar ini merupakan agenda rutin tahunan dari Puslitbangkesos sebagai bentuk pertanggungjawaban profesional dalam melaksanakan penelitian yang sesuai kaidah ilmiah untuk bisa mengevaluasi, menyempurnakan dan mengembangkan kebijakan dalam bidang Kesejahteraan Sosial.