Rapat Koordinasi Pengembangan SDM Kesejahteraan Sosial Tahun 2017 Wilayah Barat dilaksanakan di Jakarta pada tanggal 7-10 Februari 2017 bertempat di Grand Sahid Jaya Jakarta. Tema Rakorbang ini adalah “Sinkronisasi Program dan Kegiatan Penyelenggaraan Kesos Pusat dan Daerah dalam rangka Penyusunan (RKP) Tahun 2018”. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Bapak Harry Soeratin selaku Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial RI dengan diawali penyampaian laporan kegiatan oleh Bapak Edi Suharto selaku Kepala Badan Pendidikan Penelitian dan Penyuluhan Sosial.

Peserta Rakorbang terdiri dari unsur Kementerian Sosial RI, Komisi VIII DPR RI, Balitbangda Kementerian Dalam Negeri, Bappeda Provinsi dan Kabupaten dan Kabupaten/Kota serta Dinas Sosial Provinsi dan Kabupaten/Kota. Maksud dari kegiatan tersebut adalah sebagai media sinkronisasi kebijakan program, kegiatan dan proyek prioritas 2018 antara pusat dan daerah dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial.

Pada kesepatan tersebut Kepala Badan Pendidikan, Penelitian dan Penyuluhan Sosial, diharapkan Puslitbangkesos memiliki fokus terhadap penelitian kebijakan dalam bentuk policy study dan policy brief, seperti Penelitian untuk memberikan masukan dalam pengambilan kebijakan seperti Evaluasi dampak Penanganan Fakir Miskin dan Evaluasi dan Pengembangan SLRT. Selain itu Puslitbangkesos dapat bersinergi dengan B2P3KS Yogyakarta dan STKS Bandung yang memiliki fokus penelitian berbeda dalam mewujudkan penelitian dan pengembangan kesejahteraan sosial.

Kemudian dalam paparannya Bapak Mulia Jonie selaku Kepala Puslitbangkesos mengungkapkan bagaimana peran strategis Puslitbangkesos dalam mewujudkan eksistensi penelitian kesos yang mengacu pada kebijakan nasional yang digariskan dalam RPJMN 2015-2019 yang dituangkan dalam Renstra Kementerian Sosial RI, kemudian berikutnya menindaklanjuti arahan, kebijakan atau permintaan pimpinan untuk mengkaji permasalahan yang bersifat mendesak, krusial dan strategis, Puslitbangkesos telah membentuk Tim Peneliti untuk mengasistensi para unit pengguna, dalam menggali dan menggumpulkan basis data yang akurat tentang program masing-masing unit pengguna dalam arti memetakan keberadaan populasi/sasaran program.

Sedangkan strategi dalam meningkatkan manfaat penelitian yang dihasilkan Puslitbangkesos, yaitu melaksanakan penelitian sesuai kebutuhan unit pengguna, pelibatan unit pengguna dalam setiap pelaksanaan penelitian, meningkatkan kuantitas dan kualitas hasil penelitian, melakukan diseminasi hasil penelitian ke stakeholder serta melakukan advokasi dalam perumusan kebijakan.

Diharapkan dengan diselenggarakannya kegiatan ini dapat tersusun rencana program kegiatan penyelenggaraan kesejahteraan sosial Tahun 2018 antara pusat dan daerah serta terumuskannya nomenklatur program dan kegiatan penyelenggaraan kesejahteraan sosial yang  selaras antara pusat dan daerah.