Untuk kedua kalinya dalam tahun 2016 ini, Puslitbangkessos mengalami rotasi pejabat struktural. Setelah penataan struktur sesuai SOTK baru di awal tahun, menjelang akhir tahun ini dilakukan pergeseran 3 pejabat struktural setingkat eselon 3. Kepala Bagian Tata Usaha, Indrajaya, S.H, M.Si, mendapat mutasi ke jabatan baru di Direktorat Napza. Drs. Aguslim, M.Si mengisi jabatan Kepala Bagian Tata Usaha dari sebelumnya menjabat sebagai Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Rehabilitasi Sosial dan Pemberdayaan Sosial. Satu orang pejabat baru masuk menggantikan posisi Kepala Bidang yakni Dr. Oetami Dewi, yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Bagian Tata Usaha Pimpinan.

Pada hari ini, Selasa, 15 November 2016 diadakan acara perkenalan pejabat baru sekaligus pelepasan pejabat lama dengan mengumpulkan seluruh pegawai di Ruang Seminar Lantai 2 Puslitbangkessos. Dalam arahannya Kapuslitbangkessos Drs. Mulia Jonie, M.Si menyampaikan pesan selamat datang kepada pejabat baru dan selamat bertugas bagi pejabat yang mendapatkan mutasi pada jabatan yang baru. Kapuslitbangkessos mengharapkan pergantian pejabat baru ini bisa menjadi energi positif dalam membangun lembaga penelitian yang excellent di masa datang.

Dalam kesempatan ini pula Indrajaya, S.H, M.Si (Mantan Kabag TU) mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak serta memohon maaf jika dalam menjalankan tugas di Puslitbangkessos selama lebih kurang 30 tahun banyak yang belum bisa dioptimalkan. Beliau berharap Puslitbangkessos terus meningkatkan diri agar bisa menjawab tantangan tugas-tugas penelitian, seraya berharap untuk bisa terus menjalin komunikasi dan kerjasama dalam menjalankan tugas-tugas kedinasan selanjutnya.

Dr. Oetami Dewi sebagai pejabat yang baru masuk, menyampaikan terima kasih kepada seluruh pegawai Puslitbangkessos telah memberikan sambutan yang hangat dan menghadirkan tantangan tugas yang baru. Beliau berpesan, perlu kiranya Puslitbangkessos khususnya para peneliti meningkatkan semangat dan profesionalisme dengan berani menyatakan ” be your self “ sebagai wujud kepercayaan diri dalam menghasilkan penelitian yang berkualitas dan applicable. Beliau berkomitmen untuk bersama dengan seluruh pegawai membangun Puslitbangkessos menjadi lembaga penelitian yang mewarnai perumusan kebijakan di Kementerian Sosial khususnya dan Pemerintah pada tingkatan yang lebih luas.

Pergantian pejabat baru ini menjadi penting dan penuh makna bagi Puslitbangkessos karena di tengah efisiensi anggaran yang berimbas pada pelaksanaan program-program penelitian, kreatifitas dan inovasi menjadi tantangan untuk eksistensi sebuah lembaga penelitian pemerintah. Kemampuan menjalin kerjasama dan memperluas jaringan dengan lembaga penelitian lain akan ikut mengangkat kualitas dan profesionalisme kerja Puslitbangkessos. Menjadi tugas dan tantangan semua pihak untuk mensinergikan hasil-hasil penelitian dengan perumusan kebijakan sehingga terwujud visi kebijakan yang berbasis riset (evidence base policy).   -  J@ -