Kompetensi keluarga merupakan hal yang penting dan berkorelasi dengan pemenenuhan hak penyandang disabilitas berat. Oleh sebab itu diperlukan strategi kebijakan dan program untuk meningkatkan kompetensi keluarga. Peningkatan kompetensi keluarga melalui pendamping program ASPDB yang akan melatihkan kepada orang tua PDB. Pelatihan tersebut antara lain pelatihan merawat dan terapi dengan supervisi pihak yang berwenang.

Hal tersebut merupakan salah satu dari rekomendasi hasil penelitian Pengaruh Peran Keluarga Terhadap Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas Berat yang dipresentasikan pada seminar hasil peneltian di Best Western Hotel Jakarta. Penelitian yang dilaksanakan di 5 provinsi yaitu Jawa tengah, Jawa Barat, DI Yogyakarta, Sumatera Barat dan Sumatera Selatan.

Penelitian yang diketuai oleh DR. Hari Harjanto, M.Si dengan anggota tim Husmiati, Ph.D, Dra. Mulia Astuti, M.Si, Ir. Ruaida Murni, Drs. Bambang Pudjianto, M.Si dan Ivo Noviana, S.Sos. M.Si. Seminar hasil penelitian dilaksanakan diawali dengan paparan, kemudian menerima masukan dari pembahas Edi Suharto, M.Sc Ph.D (Kabadiklitpensos), Nahar, SH, M.Si dan Bahrul Fuad, S.Psi, MA kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab peserta.