Puslitbangkesos Sebagai Observer AseanĀ  Social Work Consortium (ASWC) Conference V yang dilaksanakan di Hotel Lor In Solo dari tanggal 23-27 Agustus 2016. Kegiatan konferensi ini dihadiri oleh delegasi negara-negara Asean yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam, Sinagpura, Laos, Myanmar, Philipina dan perwakilan dari Republik Rakyat Tiongkok. Beberapa pokok bahasan pada konferensi ini antara lain: 1) Pelatihan dan kursus untuk praktisi, pelajar dan sekolah pekerja sosial, 2) Standar Asean untuk Pekerja sosial terhadap kekerasaan anak, 3) Standar minimum dan kurikulum inti pendidikan pekerjaan sosial, 4) MOU dan pertukaran program antar Anggota ASWC 5) Kompetensi Pekerja Sosial.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Badan Pendidikan, Penelitian dan Penyuluhan Sosial DR. Edi Suharto dan Puslitbangkesos menjadi observer pada konferensi ini dengan Tim Kapuslitbangkesos Drs. Mulia Jonie, M.Si, Kabag TU Indrajaya, SH, M.Si, Kasubid. Penelitian Pemberdayaan Sosial Dra Ening Listyorini,M.Si, Koordinator Peneliti Drs. Anwar Sitepu, MP, Peneliti Utama Drs. Suradi, M.Si, Peneliti Madya Drs. B. Mujiyadi, M.SW, Peneliti Muda Habibullah, S.Sos, M.Kesos dan Peneliti Pertama M. Belanawane Sulubere, S.Sos.

Selain itu Puslitbangkesos juga memamerkan produk-produknya berupa buku hasil penelitian dan jurnal ilmiah Sosio Konsepsia dan Sosio Informa yang sudah menggunakan open journal system melalui ejournal.kemsos.go.id