Kementerian Sosial RI melalui Pusat Penelitian dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial, menyelenggarakan “Sosialisasi Klirens Etik Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan (IPSK) serta Bimbingan Teknis Penilaian Angka Kredit Melalui E-Peneliti” yang dilaksanakan pada tanggal 18 s.d 20 Agustus 2016 bertempat di Hotel Swissbell Residence Kalibata Jaksel. Acara ini dihadiri 47 orang peserta yang terdiri dari; Peneliti  dan Struktural Puslitbangkesos, Peneliti B2P3KS Yogyakarta, serta undangan dari BBRVBD Cibinong.

Kegiatan dibuka oleh Kapuslitbangkesos, Drs. Mulia Jonie, M.Si, dalam arahan beliau disampaikan  maksud penyelenggaraan sosialisasi, adalah untuk membangun kesadaran mengenai pentingnya penegakan etika ilmu pengetahuan, baik dari sisi peneliti, kegiatan penelitian maupun publikasi hasil penelitian dan meningkatkan pemahaman para peneliti maupun tim penilai (TP2I) dalam melakukan penilaian angka kredit melalui e-Peneliti.

Pada acara inti dipaparkan dua materi pokok, yakni ; 1) Klirens Etik Penelitian Bidang IPSK oleh Anggota Sub Komisi Klirens Etik Bidang IPSK, Dr. Augustina Situmorang,  2) Sosialisasi Penilaian Angka Kredit melalui E-Peneliti oleh Tim IT Pusbindiklat Peneliti LIPI, Fadli Akbar Saputra, S.Si. Bahwa seperti dilansir dari lipi.go.id- Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sebagai pembina pejabat fungsional peneliti nasional melakukan inovasi dalam sistem penilaian angka kredit jabatan fungsional peneliti. Inovasi ini adalah sistem E-Peneliti untuk penilaian angka kredit jabatan fungsional tersebut dan akan mulai diterapkan pada 2017 mendatang. Untuk lebih memahami aplikasi e-peneliti pada sesi terakhir dilakukan bimbingan teknis secara langsung terhadap para peneliti Puslitbangkesos agar dengan mudah dapat menggunaan aplikasi tersebut.

Unduh

1. Panduan E-Peneliti

2. Klirens Etik

(‘mb)