Puslitbangkesos sebagai salah satu lembaga riset pemerintah pada Kementerian Sosial RI dituntut untuk mampu menyajikan informasi yang up to date menyangkut penyelenggaraan program-program kesejahteraan sosial. Sajian informasi yang disajikan tentunya terkait erat dengan kegiatan-kegiatan penelitian maupun aktivitas ilmiah lain yang dilakukan para peneliti maupun para pegawai lainnya. Hal ini seiring dengan tugas pokok dan fungsi peneliti untuk mampu membaca situasi, menuliskan analisis kritis-ilmiah dan menyampaikannya secara komprehensif pada masyarakat.

Majalah Sosio Informasi sebagai salah satu sarana publikasi ilmiah yang dimiliki Puslitbangkesos menyediakan ruang untuk mempublikasikan hasil kajian tentang isu-isu strategis masalah sosial. Majalah ini, bersama dengan Jurnal Sosio Konsepsia yang sama-sama telah mengantongi akreditasi dari LIPI, diniatkan untuk selalu menjadi yang terdepan dalam kajian masalah-masalah kesejahteraan sosial. Karena itu penilaian dan evaluasi dari P2MI – LIPI penting untuk ditindaklanjuti agar di masa mendatang majalah ini semakin baik dalam menampilkan tulisan yang berkualitas sesuai kaidah-kaidah ilmiah yang berlaku.

Menindaklanjuti penilaian dan evaluasi dari P2MI – LIPI ini maka tim redaksi Majalah Sosio Informa melakukan rapat redaksi yang dimaksudkan untuk menyamakan persepsi atas tantangan yang harus dihadapi pada penerbitan selanjutnya. Acara ini berlangsung pada hari Rabu, tanggal 10 Agustus 2016, pukul 09.00 s.d 11.45 WIB di Ruang Seminar Puslitbangkesos, dihadiri oleh seluruh tim redaksi dan unsur manajemen. Rapat kali ini mengagendakan dua hal yakni tindak lanjut atas evaluasi akreditasi oleh P2MI – LIPI dan persiapan untuk penerbitan edisi kedua.

Dalam rapat ini Ketua Tim Redaksi Drs. Achmadi Jayaputra, M.Si, PU menggarisbawahi point-point penting evalusi P2MI – LIPI agar menjadi koreksi para penulis terutama para peneliti dalam menampilkan tulisan yang semakin berkualitas. Kaidah-kaidah ilmiah penulisan harus selalu dipatuhi agar tersaji tulisan-tulisan yang mendukung penilaian atas akreditasi majalah ini. Redaksi sebagai penentu penerbitan tulisan perlu memperhatikan komprehensivitas, metode, pembahasan, serta analisis dan sintesis atas naskah yang diterima, didukung dengan persiapan yang matang dalam menerbitkan setiap edisi. Dipandang perlu kiranya pada terbitan-terbitan mendatang mengundang pakar untuk bisa mengirimkan tulisan sesuai bidang kepakarannya.

Dalam diskusi lebih lanjut peserta rapat sepakat untuk melakukan kajian yang lebih mendalam atas point-point evaluasi dan kemudian menyusun pedoman penulisan yang praktis untuk para penulis terutama bagi para peneliti Puslitbangkesos. Pada penerbitan edisi berikutnya redaksi diamanatkan untuk menindaklanjuti point-point penilaian dan evaluasi tersebut sehingga tersaji terbitan yang lebih baik. Penyempurnaan atas konten naskah dan prosedur penulisan diharapkan bisa mendukung nilai akreditasi atas Majalah Sosio Informasi bisa semakin meningkat di masa mendatang.  J@