Pada era teknologi informasi, Pusat Penelitian dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial (Puslitbangkesos) sebagai lembaga yang memiliki media ilmiah berupa Jurnal Sosio Konsepsia dan Majalah Sosio Informa, berusaha melakukan berbagai langkah strategis untuk memberikan kemudahan akses publikasi pada kedua media ilmiah tersebut melalui e-journal.

e-journal merupakan jurnal ilmiah yang dapat diakeses melalui dokumen elektronik dalam bentuk komputerisasi. Pada tahun 2015 Puslitbangkesos mencoba untuk memulai pengelolaan e-journal dengan mengaktifkan portal ejournal.kemsos.go.id. Dengan sarana ini, para penulis ilmiah dapat mempublikasikan naskahnya secara online dengan seluruh tahapan proses publikasi secara online.

Untuk meningkatkan pengelolaan e-journal, pada hari Kamis 10 Maret 2016, Puslitbangkesos menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Open Journal System bagi seluruh Dewan Redaksi Jurnal Sosio Konsepsia dan Majalah Sosio Informa. Menghadirkan narasumber Fungsional Pranata Komputer Pusbindiklat Peneliti LIPI, Bapak Andri Agus Rahman, S.Kom, Bimtek yang berlangsung selama satu hari di Ruang Seminar Puslitbangkesos menjadi ajang bagi para Dewan Redaksi untuk mendalami setiap tahapan publikasi melalui e-Jorunal. 

 

Ditulis oleh

Astrid Cynthia Priesteta, SST.

Fungsional Penyiap Bahan Diseminasi Puslitbangkesos