HIMPENKESOSINDO merupakan bentuk tindak lanjut dari HIMPENINDO yang merupakan wadah aspirasi bagi para Peneliti. HIMPENINDO merupakan satu-satunya organisasi profesi resmi yang menaungi profesi peneliti di Indonesia. HIMPENINDO dikelola oleh, dari dan untuk peneliti Indonesia di bawah pembinaan Lembaga Ilmu Pengetahuaan Indonedia (LIPI). Menurut Pak Agus Fanar S, bahwa “Peneliti yang menjadi cakupan HIMPENINDO adalah seluruh sivitas pelaku penelitian baik yang bernaung di bawah lembaga penelitian pemerintah pusat / daerah / swasta, perguruan tinggi negeri / swasta serta perorangan pelaku kegiatan penelitian”. Pembentukan HIMPENINDO  telah dirintis sejak tahun 2012 melalui beberapa pertemuan yang melibatkan berbagai kalangan, baik dalam bentuk tim kecil maupun pleno perwakilan peneliti dari berbagai lembaga penelitian. Selanjutnya Deklarasi HIMPENINDO dilaksanakan melalui KONGRES 1 HIMPENINDO pada Oktober 2013 di Hotel Borobudur Jakarta.

HIMPENKESOSINDO, bisa menjadi wadah yang menampung seluruh aspirasi dan kepentingan para peneliti khususnya di Kementerian Sosial RI. Wadah tempat berhimpunannya ilmuwan peneliti bidang sosial dari berbagai bidang kepakaran. Dengan demikian, peneliti-peneliti Kementerian Sosial dapat terus meningkatkan kemampuan dalam menghasilkan temuan, inovasi, paten, dan hak kekayaan intelektual lainnya dengan tetap menegakkan kode etik peneliti.

WORKSHOP HIMPENKESOSINDO   ini dibuka oleh Sekretaris Badiklitkesos Bp. Heri Krissritanto, adapun narsum ada 2 penyaji yaitu Kapuslitbangkesos; Dr. Dwi Heru Sukoco, M.Si dan Eksekutif Himpenindo; Agus Fanar Syukri, Ph.D. Kegiatan Workshop ini dilaksanakan di Hotel Swiss Bel Residences Kalibata dari tanggal 24 sampai 26 November 2015, yang dihadiri oleh 40 orang peserta dari unsur peneliti dan struktural, juga mengundang perwakilan peneliti dari B2P3KS Yogyakarta, STKS Bandung dan BBRVBD Cibinong. Adapun tema acara Workshop  yaitu “PERAN HIMPENKESOSINDO DALAM PENYELENGGARAAN PROGRAM/KEBIJAKAN BERBASIS RISET DI LINGKUNGAN KEMENTERIAN SOSIAL”. Ke depan kiprah para peneliti Kementerian Sosial diharapkan akan lebih menonjol dan berpengaruh untuk pembangunan bidang kesejahteraan sosial.(’mb)