Berdasarkan Peraturan BKN Nomor 19 tahun 2015 tentang Pedoman Pelaksanaan Pendataan Ulang Pegawai Negeri Sipil (PNS) secara elektronik (e_PUPNS) bagi PNS, maka seluruh PNS berkewajiban melakukan pendataan ulang PNS secara Online. Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara ini bertujuan sebagai pedoman bagi pejabat yang bertanggung jawab di bidang informasi kepegawaian untuk memperoleh data yang akurat, terpercaya dan terintegrasi, sebagai dasar kebutuhan dalam mengembangkan sistem informasi kepegawaian Aparatur Sipil Negara (ASN)  yang mendukung pengelolaan manajemen ASN sebagai sumber daya aparatur negara. Untuk mendukung penyelenggaraan manajemen manajemen, penyimpanan, pengelolaan dan pengembangan sistem informasi Aparatur Sipil Negara berbasisi kompetensi maka diperlukan database ASN yang akurat, terpercaya dan integrasi sehingga bagi seluruh PNS perlu dilakukan pendataan ulang secara Online dan terintegrasi antar instansi Pemerintah baik Pusat dan atau Daerah.

Menyambut peraturan tersebut Puslitbangkesos dengan sigap dan antusias bergerak secepat mungkin melaksanakan sosialisasi dimaksud yang dilaksanakan pada hari Senin, tanggal 7 september 2015 Pukul 9.00 – sampai selesai, di Ruang Seminar Peneliti Puslitbangkesos lantai 2,  pukul 10.00 - Selesai.

Sosialisasi ini dibuka sekaligus diberikan arahan oleh Kapuslitbangkesos DR. Dwi Heru Sukoco, M.Si. Sedangkan narasumber menghadirkan; Bapak Muhammad Yahya (Kasubag Data dan Informasi Biro Orpeg) dan Ibu Emi Astuti, S.Sos, MM (Kasubag Kepegawaian Sekretariat Badiklitkesos). Sebagai lanjutan sosialisasi yang dihadiri oleh seluruh jajaran Puslitbangkesos, baik unsur struktural maupun fungsional, dan sebagai langkah tindak lanjutnya dilakukan registrasi online serta updating data bagi seluruh pegawai yang dibimbing langsung oleh narasumber dan pendamping pengisisan e_PUPNS.

Semoga dengan sosialisasi kepada seluruh pegawai internal Puslitbangkesos tentang pedoman pelaksanaan pendataan ulang pegawai negeri sipil secara elektronik (e_pupns) 2015,  dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi diperolehnya data yang akurat, terpercaya dan terintegrasi, serta dapat mendorong keberhasilan peningkatan kualitas lembaga dan akuntabilitas kinerja lembaga....aamiiin. (‘mb)