Pusat Penelitian dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial (Puslitbangkesos) sebagai unit kerja kelitbangan Kementerian Sosial Republik menyelenggarakan Pemantapan calon ketua tim pengumpulan data Survei Kesejahteraan Sosial Dasar (SKSD) 2015 di Jakarta dari tanggal 31 Agustus 2015 - 4 September 2015.

Menurut Kapuslitbangkesos DR. Dwi Heru Sukoco, M.Si, peserta pemantapan ini merupakan  hasil seleksi ketua tim dan berasal dari Peneliti Puslitbangkesos, Widyaswara Pusdiklatkesos, Pekerja sosial dari berbagai unit kerja Kementerian Sosial, Dosen perguruan tinggi dari jurusan kesejahteraan sosial, perwakilan dari Dinas Sosial, Praktisi kesejahteraan sosial  dan koordinator Sakti Peksos.

Tujuan Umum dari SKSD Menyediakan data dan informasi berbasis bukti untuk perumusan kebijakan dan pengembangan program kesejahteraan sosial di tingkat nasional dan provinsi terpilih. Sedangkan tujuan khusus 1). Menyediakan data dan informasi tentang kondisi kesejahteraan sosial keluarga secara nasional dan di provinsi terpilih. 2) Menyediakan data dan informasi tentang faktor faktor  yang melatar- belakangi kondisi kesejahteraan sosial keluarga secara nasional dan di provinsi terpilih. 3) Menyediakan data dan informasi tentang permasalahan kesejahteraan sosial spesifik di provinsi terpilih. 4) Menyediakan data dan informasi tentang ketersediaan pelayanan sosial di tingkat nasional dan provinsi terpilih. 5). Menyediakan data dan informasi tentang  kebutuhan pelayanan  sosial secara nasional dan provinsi terpilih.


Survei ini akan dilaksanakan di 12 Provinsi,65 kabupaten/kota dengan17.000 Kepala Keluarga yang menjadi responden dengan melibatkan 46 Ketua tim dan 276 pewawancara.
Kabadiklitkesos Mu’man Nuryana, Ph.D pada kata sambutan pembukaannya menyatakan bahwa survei kesejahteraan sosial dasar diharapkan dapat  menyediakan data yang diperlukan oleh Pemerintah (K/L terkait) khususnya Kementerian Sosial RI untuk formulasi mekanisme rehabilitasi/pemberdayaan/perlindungan/jaminan sosial dan penanganan fakir miskin yang konfrehensif dan memadai untuk memenuhi kebutuhan dan menjamin hak warga miskin, terutama anak-anak, remaja dan perempuan.

Selain tim teknis Peneliti Puslitbangkesos yang diketuai oleh Dra. Alit Kurniasari, MPM yang menjadi narasumber pemantapan ini adalah Prof Adi Fahrudin, Ph.D Guru Besar Ilmu Kesejahteraan Sosial Universitas Muhammadiyah Jakarta, Dr. Ir. Harry Hikmat, M.Si Staf Ahli Menteri Bidang Dampak Sosial dan Perwakilan Badan Pusat Statistik