Apakah RB di Puslitbangkesos sudah berjalan?....Atau paling tidak sejauhmana RB Puslitbang telah dilakukan? Suatu pertanyaan penting yang menarik untuk disimak oleh kita semua selaku pegawai Puslitbangkesos. Tentunya untuk menjawab pertanyaan itu, perlu kiranya lebih dahulu kita ketahui dan fahami isi Roadmap RB Puslitbangkesos yang telah disusun oleh tim RB Puslitbangkesos. Tahapan selanjutnya sebagai pegawai Puslitbang kita jalankan semua tahapan yang telah direncanakan sesuai dengan agenda kerja RB yang kita sepakati. Oleh karenanya untuk lebih mendorong pelaksanaan RB, pada kesempatan ini dilakukan sosialisasi RB Puslitbangkesos Tahun 2015-2019.

Menurut Kapuslitbangkesos DR. Dwi Heru Sukoco, M.Si, Puslitbangkesos memandang Reformasi Birokrasi yang sedang digulirkan sebagai upaya penting yang perlu didukung dan diwujudkan bersama. Seiring dengan itu, Sebagai langkah strategis, RB Puslitbangkesos ingin melakukan perubahan untuk menciptakan aparatur negara yang lebih berdayaguna dan berhasil guna dalam mengemban tugas umum pemerintahan dan pembangunan nasional. Salah satu arah kerangka kebijakan pembangunan kesejahteraan sosial yang dapat dilakukan Kemensos adalah untuk mendukung terciptanya reformasi birokrasi menuju tata pemerintah yang baik dilakukan dengan menciptakan dan memperkuat koordinasi, sinergitas dan keterpaduan baik dalam lingkup internal dan instansi terkait serta dengan mencegah terjadinya inefiskiensi penyelenggaraan kesos. Pada tataran Puslitbangkesos mempunyai tantangan yang cukup besar, yaitu untuk terus menciptakan program-program kelitbangan yang terintegrasi, efektif, efesien, dan memberikan manfaat yang signifikan terhadap pengguna dari program dan kegiatan Puslitbangkesos.

Roadmap RB Puslitbangkesos  berupa dokumen perencanaan, implementasi dan evaluasi agenda reformasi birokrasi unit kerja Putlitbangkesos yang memuat tujuan, strategi, program dan kegiatan Puslitbang dalam jangka waktu 5 tahun kedepan sesuai dengan tugas dan fungsi Puslitbangkesos. Sosialisasi ini, bertempat di  Ruang Seminar Peneliti Puslitbangkesos lantai 2,  pada tanggal 1 Juli 201, pukul 10.00 - Selesai.

Sosialisasi Roadmap RB Puslitbangkesos ini menghadirkan narasumber  dari lingkungan Puslitbang, khususnya TIM penyususn RB pada Bidang Majamen Perubahan. Sebelumnya diberikan Arahan dari Kepala Puslitbangkesos DR. Dwi Heru Sukoco, M.Si, yang juga  dihadiri oleh; Tim Kerja RB Puslitbangkesos, seluruh karyawan  Puslitbangkesos. Undangan khusus pada kegiatan ini yaitu dari Kasubbag Kepegawaian Sekretariat Badiklitkesos Ibu Emi Astuti, S.Sos, MM.

Semoga dengan sosialisasi Roadmap Reformasi Birokrasi kepada seluruh karyawan internal Puslitbangkesos, dapat bermanfaat yang sebesar-besarnya bagi penyelenggaraan bidang kesejahteraan sosial di masa depan dan dapat mendorong keberhasilan peningkatan kualitas lembaga dan akuntabilitas kinerja serta terwujudnya birokrasi yang bersih. (‘mb)