Jakarta, 13 April 2015, Puslitbangkesos mengadakan kegiatan Lokakarya Pejabat Fungsional Litkayasa. Dr. Dwi Heru Sukoco, M.Si selaku Kepala Puslitbangkesos membuka kegiatan tersebut. Pertemuan tersebut dihadiri oleh 25 orang peserta yang terdiri dari Pejabat Struktural Puslitbangkesos, Pejabat Fungsional Peneliti Puslitbangkesos, Pejabat Fungsional Litkayasa Puslitbangkesos, Pejabat Fungsional Litkayasa B2P3KS Yogyakarta, BPPT, Biro Organisasi dan Kepegawaian Kementerian Sosial RI serta dari Panti PSBR Bambu Apus.

Kegiatan tersebut membahas mengenai Penulisan Karya Ilmiah oleh Narasumber dari BPPT Yudhi Soetrisno Garno, serta ada juga Narasumber dari PSBR Bambu Apus Dra. Ignatia Sri Wuwuh yang memaparkan tentang PSBR Bambu Apus yang nantinya di Panti tersebut akan dijadikan tempat observasi. Diharapkan dengan dilaksanakannya kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan Pejabat Fungsional Litkayasa dalam membuat Karya Tulis Ilmiah.

Keesokan harinya dalam rangka tindak lanjut dari Kegiatan ini adalah melakukan Observasi ke PSBR Bambu Apus pada tanggal 14 April 2015. Para peserta disambut baik oleh Kepala Panti PSBR Bambu apus dan juga para staf, untuk kali ini para pejabat Fungsional Litkayasa diminta untuk melakukan wawancara terhadap Penerima Manfaat di Panti yang sedang melakukan pelatihan keterampilan seperti salon, las, menjahit, otomotif roda dua dan empat serta bimbingan sosial. Setelah melakukan observasi tersebut para Pejabat Fungsional Litkayasa diminta untuk membuat suatu karya tulis ilmiah sesuai dengan hasil wawancara dengan informan di panti tersebut dan berikutnya harus dikumpulkan untuk dinilai oleh Tim Penilai Pejabat Fungsional Litkayasa.