Hal tersebut merupakan salah satu temuan hasil penelitian perlindungan sosial bagi penerima bantuan iuran (PBI) jaminan kesehatan yang dilakukan oleh Puslitbangkesos. Di Jawa Barat telah dilakukan verifikasi dan valiadasi data secara terbatas sementara di Jambi belum dilakukan. Oleh karena itu menurut Muhtar selaku ketua tim merekomendasikan Kemensos segera mengkomunikasikan kebijakan perlindungan sosial bagi peserta PBI jaminan kesehatan khususnya tentang verifikasi dan validasi data ke pihak daerah dan Kemensos sendiri harus segera melaksanakan verifikasi dan validasi data berbasis komunitas.

Kapusdatinkesos Mumu Suherlan, mengapresiasi atas hasil penelitian yang secara cepat mampu memotret kondisi lapangan secara cepat dan pada saat ini Pusdatinkesos tengah mengembangkan sistem verifikasi dan validasi data secara online sehingga data dapat tersaji secara realtime.

Kegiatan diseminasi hasil penelitian Puslitbangkesos diselenggarakan di Ruang Rapat Pusdatinkesos dihadiri oleh Kapuslitbangkesos, Kepala Biro Perencanaan dan pejabat struktural di lingkungan Kementerian Sosial RI.