Reformasi Birokrasi yang sering digaungkan untuk seluruh aparatur pemerintah disambut dengan hangat dan cepat oleh jajaran Puslitbangkesos dengan upaya perbaikan dan peningkatan kinerja. Selaras dengan itu, seperti yang  diarahkan oleh Kapuslitbangkesos, bahwa untuk memperkuat komitmen dan mengaktualisasikan rencana kegiatan ke depan dalam penentuan arah kebijakan dan pengembangan Program Pembangunan Kesejahteraan Sosial, maka kegiatan Evaluasi Program Puslitbangkesos tahun 2014 sangat penting. Keberhasilan program yang selama ini telah dicapai hendaknya harus dipertahankan bahkan lebih ditingkatkan lagi melalui berbagai program yang inovatif dan kreatif. Sedangkan hambatan, kendala atau kekurangan program harus diperbaiki sebagai bahan koreksi dan dicarikan solusinya sehingga tidak menghambat program dan kegiatan yang sudah ada.

Puslitbangkesos mempunyai tugas pokok menyiapkan perumusan dan melaksanakan kebijakan di bidang Penelitian dan Pengambangan Kesejahteraan Sosial. Mengingat strategisnya peranan Puslitbangkesos, maka setiap pelaksanaan program dan kegiatan harus benar-benar efektif dan efesien serta tepat sasaran. Kegiatan Evaluasi Pelaksanaan Program/Kegiatan  Puslitbangkesos dilaksanakan selama 3 hari yang dimulai pada tanggal 21 s/d 23 November 2014 di Hotel Ibis Jalan MT Haryono No. 9 Cawang, Jakarta Timur. Kegiatan ini dibuka oleh Kapuslitbangkesos Dr. Dwi Heru Sukoco, M.Si yang sekaligus memberikan arahan. Adapun Peserta yang diundang yaitu unsur internal maupun eksternal Puslitbangkesos, terdiri dari; Pejabat Struktural, Pejabat Fungsional Peneliti dan Litkayasa, Kasubag Pemantauan Sekretariat Badiklitkesos, Perwakilan Tim Pengadaan Barang dan Jasa Badiklitkesos, dan Perwakilan dari STKS Bandung. Peserta dari Puslitbangkesos merupakan keterwakilan unit-unit pelaksana kegiatan yang ada di lingkungan Puslitbangkesos, seperti unsur Koordinator Peneliti, Panitia Pembina Ilmiah (PPI), Editor Jurnal Sosiokonsepsia dan Majalah Informasi, Tim Panitia Penilai Instansi (TP2I), Tim Panitia Pembina Jabatan Litkayasa (TP2JL), Web Site, P3KS Press, Pengelola Keuangan, Pengelola SAI, dan Pengelola Pengadaan Barang/Jasa.

Ruang lingkup Evaluasi Program/Kegiatan tahun 2014 ini meliputi: Kegiatan, Realisasi Keuangan dan Fisik, Hasil, Kendala dan Solusi terhadap permasalahan ke depan. Sementara yang menjadi pokok perhatian, yaitu bagaimana langkah-langkah ke depan dalam melakukan kerjasama dengan pihak–pihak terkait baik unit teknis dan instansi terkait dalam pelaksanaan penelitian dan pemanfaatannya oleh pengguna. Hasil evaluasi program/kegiatan penelitian ini akan menjadi ”point of entry” bagi proses penyusunan program/kegiatan serta sekaligus merupakan komponen yang sangat sentral  dalam mengembangkan dan meningkatkan kualitas rancangan program/kegiatan Puslitbangkesos sehingga pada akhirnya hasil penelitian dan pengembangan kesejahteraan sosial akan dapat menjawab kebutuhan ”costumer” nya.

Semoga dengan pelaksanaan kegiatan ini, dapat memberikan manfaat yang lebih terhadap pelaksanaan Program/Kegiatan Puslitbangkesos yang akan datang. (‘mb)