Rencana Strategis Satuan Kerja merupakan dokumen perencanaan komprehensif untuk kurun waktu  5 tahun  ke depan. Rencana Strategis selanjutnya dijabarkan kedalam Rencana Kerja (Renja). Acuan utama penyusunan Renstra Satuan Kerja Puslitbangkesos adalah Rencana Pembangunan Jangka Menengah, Renstra Kementerian Sosial , dan Renstra Badiklitkesos.

Renstra Puslitbangkesos disusun dengan maksud: (1) Menyediakan acuan resmi bagi seluruh Aparatur Puslitbangkesos dalam menyusun program dan kagiatan selama kurun waktu lima tahun. (2) Memudahkan seluruh jajaran Puslitbangkesos dalam mencapai tujuan dengan melaksanakan program dan kegiatan. (3) Memudahkan  seluruh jajaran  Aparatur  Puslitbangkesos memahami dan menilai program dan kegiatan operasional tahunan dalam rentang waktu lima tahunan.

Ruang lingkup dari penyusunan renstra tahun 2015-2019 menitik beratkan pada hal-hal sebagai berikut: 1). Identifikasi Kondisi Umum dan Permasalahan, 2).Penyusunan Visi dan Misi, 3). Arah kebijakan, Strategi dan Kerangka Regulasi dan Kelembagaan, 4). Target Kinerja dan kerangka Pendanaan.

Kegiatan Penyusunan Renstra  Puslitbangkesos tahun 2015-2019 terdiri dari beberapa tahapan; dimulai dari Brainstrorming internal Puslitbangkesos, pemaparan materi dari narasumber, yaitu dari Biro Perencanaan dan LIPI, juga dilengkapi berbagai materi melalui studi dokumentasi, seperti; Renstra Kementerian Sosial serta finalisasi yang dilaksanakan selama 3 hari yang dimulai pada tanggal 13 sampai dengan 15 November 2014 di Hotel IBIS Jl. MT Haryono No. 9 Cawang Jakarta Timur. Kegiatan ini dibuka oleh Kapuslitbangkesos dan didampingi oleh Kepala Bagian Tata Usaha Puslitbangkesos selaku Ketua pelaksana kegiatan. Sebagai Narasumber yaitu dari Biro Perencanaan Kemsos dan LIPI yang sebelumnya telah menyampaikan materinya.Adapun Peserta yang diundang terdiri dari berbagai unsur yang terkait langsung, yaitu Pejabat Struktural yang mewakili setiap Bidang dan Bagian di Puslitbang, Pejabat Fungsional Peneliti, Kasubag Analisis Kebijakan Linjamsos Biro Perencanan, dan Kasubag Pemantauan dan Tindak Lanjut Hasil Pengawasan Inspektorat Jenderal kementerian Sosial.

Akhirnya, harapan kita semua bahwa Rencana Strategis Puslitbangkesos tahun 2015-2019 dapat benar-benar digunakan sebagai rujukan dalam penyusunan perencanaan program dan kegiatan selama 5 (lima) tahun mendatang, karena renstra Puslitbangkesos akan menjadikan titik awal yang sangat menentukan dalam mewujudkan harapan bagi kemajuan dan kinerja Puslibangkesos. (‘mb)