Puslitbangkesos sebagai unit kerja kelitbangan di Kementerian Sosial RI fokus pada penelitian kebijakan sedangkan B2P3KS Yogyakarta fokus pada penelitian model program/kegiatan pembangunan kesejahteraan sosial.

Penelitian kebijakan yang dilakukan oleh Puslitbangkesos tersebut dapat berupa penelitian reguler, kerjasama dan quick research. Penelitian reguler tersebut dapat berupa penelitian unggulan, mandiri dan pemula. Sedangkan penelitian kebijakan dapat berupa perumusan kebijakan, implementasi kebijakan dan evaluasi kebijakan.

Agar penelitian yang dilaksanakan oleh Puslitbangkesos mempunyai standar baku maka dilaksanakan penyusunan pedoman penelitian. Kegiatan yang dilaksanakan oleh di Golden Boutique Hotel Jakarta dari tanggal 15 s/d 17 Oktober 2014 di buka oleh Sekretaris Badiklitkesos Drs. Heri Krissritanto. Pada laporannya  Kapuslitbangkesos DR. Dwi Heru Sukoco, M.Si. menyampaikan bahwa kegiatan ini diikuti oleh Pejabat struktural, Pejabat fungsional  peneliti, staf potensial di lingkungan Puslitbangkesos serta perwakilan dari Balitbangda Jawa Tengah.