Badan Pendidikan dan Penelitian Kesejahteraan Sosial (Badiklitkesos) Kementerian Sosial RI dan Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Provinsi Jawa Tengah melakukan kerjasama penelitian dan pengembangan di bidang penyandang masalah kesejahteraan sosial dan potensi dan sumber kesejahteraan sosial.  

Kesepakatan kerjasama tersebut diikat oleh perjanjian kerjasama yang ditandatangani oleh Sekretaris Badiklitkesos Drs. Heri Krissritanto dan Kepala Balitbangda Jateng Ir. Agus Wariyanto, S.IP, MM pada tanggal 15 Oktober 2014 di Golden Boutique Hotel Jakarta dengan disaksikan oleh Kapuslitbangkesos DR. Dwi Heru Sukoco, M.Si.

Perjanjian kerjasama tersebut meliputi pelaksanaan litbang, pendayagunaan hasil-hasil litbang, penguatan sumber daya litbang dan penguatan jejaring litbang bidang penyandang masalah dan kesejahteraan sosial dan atau potensi dan sumber kesejahteraan sosial.

Pada kesempatan tersebut Kepala Balitbangda Jateng menawarkan laboratorium lapangan bersama yang bisa digunakan oleh kedua pihak. Sementara itu Sekretaris Badiklitkesos menantang untuk penelitian-penelitian yang menyangkut profesionalisme pekerja sosial.