Kepala Puslitbangkesos menyambut baik kunjungan utusan Balitbang Provinsi Sumatera Selatan Ir.Hj. Ernila Rizar M.M (Kepala Bidang Pengkajian Pemerintah dan Sosial Budaya Balitbang Provinsi Sumatera Selatan) beserta staf di Gedung Puslitbangkesos pada tanggal 8 Oktober 2014. Dalam kunjungan ini dihadiri pula Kepala Bagian Organisasi Humas & Hukum (OHH) Badiklitkesos (Sri Wahyuni, SH, M.Si), Peneliti Puslitbangkesos, Kepala Bidang Kerjasama dan Diseminasi, Kepala Bidang Analisis Kebutuhan dan Penjamin Mutu, serta Kasub Bidang Kerjasama. 

Kunjungan ini merupakan tindak lanjut MOU atau kerjasama antara Badiklitkesos dengan Balitbang Provinsi Sumatera Selatan yang ditandatangani pada bulan September 2014 oleh Kepala Puslitbangkesos. Hasil kesepakatan kerjasama tersebut antara lain :

1. Saling memberi informasi mengenai kegiatan penelitian dan pengembangan tahun 2014, disepakati : a. penyusunan perjanjian kerjasama, dan b. pada tahun 2015 dan 2016 disepakati ada kegiatan bersama dalam hal penelitian, capacity building peneliti, & pertukaran informasi.

2. Balitbang Prov. Sumsel memberitahukan ada 6 (enam) tema penelitian yang dikembangkan, satu diantaranya adalah pengembangan desa berbasis limbah, dimana ada kemungkinan Puslitbangkesos akan dilibatkan dalam mengkaji aspek sosial.

3. Tindak lanjut secara bersama-sama menyusun perjanjian kerjasama, diseminasi hasil penelitian melalui buku, jurnal dan website.

4. Pemberian atau pertukaran hasil penelitian dan pengembangan.

5. Saling mengundang dalam kegiatan simposium, seminar, konferensi nasional dan daerah.

6. Pembahasan dari Balitbang Prov. Sumatera Selatan dengan tema : Model Pemberdayaan Masyarakat dalam Peningkatan Ekonomi, Ketahanan Pangan Berbasis Kearifan Lokal, dimana dalam tema ini dijajaki kerjasamanya antara lain Puslitbang akan mengkaji aspek sosial dan kearifan lokal, sedangkan Balitbang Prov. Sumsel akan mengkaji dari  aspek ekonomi. 

(Sumber : AJ, Dokumentasi : BM)