Bertempat di  Ruang Seminar Peneliti Puslitbangkesos lantai 2,  pada tanggal 27 Agustus 2014 Pusat Penelitian dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial (Puslitbangkesos) melaksanakan kegiatan Pertemuan BulatanTim Reformasi Birokrasi  tahun 2014. Kegiatan ini merupakan agenda bulanan tetap dari Puslitbangkesos yang akan berkesinambungan pada bulan-bulan berikutnya sebagai tindak lanjut dari Roadmap Badiklitkesos serta sebagai upaya mendukung pencapaian program prioritas pada Kementerian Sosial RI

Kegiatan Pertemuan tim RB Puslitbangkesos ini dipimpin langsung dan Kepala Puslitbangkesos (DR. Dwi Heru Sukoco, M.Si) sebagai pengarah, dan juga oleh Kepala Bagian TU Puslitbangkesos (Drs. Syafriman, M.Si) sebagai Ketua Tim RB, serta diikuti oleh; Tim Kerja RB Puslitbangkesos, dari unsur pejabat struktural dan pejabat fungsional di lingkungan Puslitbangkesos.

Tim Kerja RB di lingkungan Puslitbangkesos, terbentuk sesuai dengan SK Kepala Puslitbangkesos Nomor: 08/PLBKS/SK/01/2014, tentang Tim Kerja RB Puslitbangkesos Tahun 2014. Struktur Tim Kerja RB dibagi menjadi 9 Bidang yang terdiri dari 3 orang. Adapun bidang-bidang yang dimaksud terdiri dari; 1) Bidang manajemen Perubahan, 2) Bidang Penataan Peraturan Perundang-undangan, 3) Bidang Penataan dan Penguatan Organisasi serta Penataan Tata Laksana, 4) Bidang Sumber Daya Manusia Aparatur, 5) Bidang Penguatan Pengawasan dan Penguatan Akuntabilitas, 6) Bidang Peningkatan Kualitas Pelayanan, 7) bidang Monitoring Evaluasi dan Pelayanan, serta didukung tim sekretariat. Masing-Masing Bidang telah memaparkan hasil kerja yang telah dilakukan sebelumnya dan selanjutnya membahas rencana kerja untuk selanjutnya.

Reformasi Birokrasi dilaksanakan dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik. Sebagai langkah strategis, reformasi birokrasi ingin melakukan perubahan untuk menciptakan aparatur negara yang lebih berdayaguna dan berhasilguna dalam mengemban tugas umum pemerintahan dan pembangunan nasional. Pada tataran Puslitbangkesos mempunyai tantangan yang cukup besar, yaitu untuk terus menciptakan program-program kelitbangan yang terintegrasi, efektif, efesien, dan memberikan manfaat yang signifikan terhadap pengguna dari program dan kegiatan Puslitbangkesos (arahan Kapuslitbangkesos)

Semoga harapannya, dengan Tim Kerja Reformasi Birokrasi Puslitbangkesos ini dapat bermanfaat yang sebesar-besarnya bagi penyelengaraan bidang kesejahteraan sosial di masa depan dan dapat mendorong keberhasilan pencapaian peningkatan kapasitas dan akuntabilitas kinerja serta terwujudnya birokrasi yang bersih. (‘mb)