Dalam rangka penelitian Pengembangan Kebijakan, Strategi dan Model Pelayanan Terpadu dan Gerakan Masyarakat Peduli Kab/Kota Sejahtera ( Pandu Gempita ) yang sudah dirintis sejak tahun 2013 maka dilaksanakan kegiatan FGD dengan Stakeholder terkait di Ruang Rapat Lantai 7 Kementerian Sosial. Fokus penelitian  tahun 2014 dengan adalah Evaluasi Pandu Gempita di 5 ( lima ) Kab/Kota.

Kegiatan FGD tersebut diikuti oleh perencana komponen dari seluruh direktorat di 3 Direktorat Jenderal Kementerian Sosial RI dihadiri oleh Kabadiklitkesos Mu’man Nuryana, Ph.D, Sekretaris Badiklitkesos Drs. Heri Krissritanto, Kepala Puslitbangkesos DR. Dwi Heru Sukoco, M.Si.

Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian penelitian pra lapangan. Setelah sebelumnya, pada hari Rabu 13 Agustus 2014 di Ruang Seminar Puslitbangkesos dilaksanakan persiapan FGD yang dilakukan oleh 3 tim peneliti yang terdiri dari peneliti Puslitbangkesos, peneliti B2P3KS Yogyakarta dan peneliti lemlit STKS Bandung

Dari hasil kegiatan FGD  tersebut dapat disimpulkan 1).Terdapat Direktorat yang menempatkan programnya di lokasi Pandu Gempita, 2) Usulan yang perlu dilakukan untuk memperkuat pandu gempita adalah dengan workshop dan sosialisasi baik di Kementerian maupun di daerah, 3).Peneliti berperan untuk memperkuat konsep.

 

Setelah FGD dilaksanakan wawancara dengan direktorat terkait di Kementerian Sosial