Setiap hasil penelitian yang dilakukan Puslitbangkesos maka perlu dilakukan diseminasi terhadap seluruh pengguna agar hasilnya dapat dimanfaatkan lebih optimal, lebih khususnya kepada Unit-Unit teknis di lingkungan Kemensos RI. Pada tanggal 9 Mei 2014 di lantai 8 gedung Utama Kemensos RI dilakukan diseminasi hari ke-2 dengan judul penelitian “Eksistensi Rehabilitasi Sosial Berbasis Masyarakat Bagi Korban Penyalahgunaan Napza”. Acara dimulai dengan arahan dari Kapuslitbangkesos, Dr. Dwi Heru Sukoco, M.Si dan dilanjutkan sambutan dari Direktur Rehabilitasi Sosial Penyalanggunaan Korban Napza, Drs. Budi Waskito, M.Si.  Penyaji Materi; Drs. Gunawan dan moderator Drs. B. Mujiyadi, M.SW.

Tema diseminasi yaitu “Diseminasi Menjamin Peningkatan Mutu Kebijakan Kesejahteraan Sosial Berbasis Riset di Lingkungan Unit Teknis, adapun topik kali ini “Rehabilitasi Sosial Korban Narkotika dan Zat Adiktif lainnya”.

Bentuk diseminasi ini dilakukan dalam format lebih pro aktif, yaitu tim peneliti  langsung mendatangi unit-unit teknis terkait dengan hasil penelitian sesuai dengan tema bahasan masing-masing. Kegiatan ini dihadiri seluruh jajaran direktorat terkait, Ketua RMB DKI Jakarta dan LSM Kharisma.

Upaya kedepan, diseminasi hasil penelitian yang dilaksanakan hakekatnya mencoba menjawab sejumlah persoalan mendasar tentang bagaimana hubungan antara penelitian dan kebijakan, terutama dampak penelitian terhadap kebijakan, dan bagaimana kebijakan dirumuskan berdasarkan penelitian. Harapan dari diseminasi ini adalah selain terjadi transaksional informasi atas hasil penelitian, yang terpenting adalah optimalisasi hasil ini sebagai bahan perubahan dan pengembangan kebijakan kesejahteraan sosial di lingkungan unit teknis. (‘mb)

untuk selengkapnya silahkan download disini